POPMAGZ » TV » TV Indo » Mermaid in Love SCTV Diperingatkan KPI, Langgar Klasifikasi Remaja

Mermaid in Love SCTV Diperingatkan KPI, Langgar Klasifikasi Remaja

Written by on 24/08/2016 | Twitter Email
Amanda Manopo dan Angga Yunanda

Amanda Manopo dan Angga Yunanda / Instagram

Advertisements

Mermaid in Love (MIL), sinetron kebanggaan SCTV, baru saja mendaat peringatan tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Dalam surat peringatan bernomor 662/K/KPI/08/16 tertanggal 22 Agustus 2016 itu, sinetron MIL yang tayang pada 2 dan 5 Agustus 2016 dinyatakan telah melanggar ketentuan program siaran dengan klasifikasi Remaja.

“Program Siaran tersebut menampilkan adegan murid perempuan yang hendak diselamatkan oleh murid laki-laki dengan percakapan “lo bisa gak sih sekali aja gak nolongin gue”, “Ril, karena cinta lo memberi gue keberanian”, “tapi ril, nyawa lu tuh lebih berharga…”, “Ril, gue gak peduli sebesar apapun resikonya, karna gue takut kehilangan lo ril… tanpa lo dan gue gak akan ada kita Ril”, “belom pernah gue merasa dicintai sebesar ini”,” demikian tertulis salah satu poin pelanggaran sinetron MIL, dikutip dari situs resmi KPI, kpi.go.id, Rabu, 24 Agustus 2014.

“Terdapat adegan anak laki-laki dan perempuan berpegangan tangan sambil mengatakan “karena gue selalu ingin bersama lo.. lo mungkin emang bukan cewe yang sempurna, tapi gue gak peduli, karena sejak kehadiran lo hidup gue jadi terasa lebih sempurna, lo adalah alasan kenapa gue bisa tersenyum disaat-saat tersulit gue, gue gak bisa hidup tanpa lo”,” poin pelanggaran lainnya.

Advertisements

KPI menilai dua adegan dan dialog sinetron MIL di atas telah melenceng jauh dari ketentuan program siaran dengan klasifikasi Remaja sebagaimana diatur dalam Pasal 37 Ayat (1) dan (2) SPS KPI Tahun 2012, dimana seharusnya program dengan klasifikasi Remaja menampilkkan nilai-nilai yang bermanfaat bagi remaja.

“Seharusnya program siaran tersebut lebih mengedepankan muatan, gaya penceritaan dan tampilan yang sesuai dengan psikologis remaja serta berisikan nilai-nilai pendidikan dan ilmu pengetahuan, nilai-nilai sosial dan budaya dan budi pekerti,” lanjut surat tersebut.

SCTV dan Mega Kreasi Films, selaku stasiun TV yang menayangkan dan production house yang memproduksi sinetron MIL diminta untuk lebih memperhatikan lagi kaidah-kaidah tayangan sesuai klasifikasi Remaja. “Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar peringatan ini diperhatikan dan dipatuhi,” tutup surat tersebut.

Advertisements

loading...

Berikan Komentar

Back to top ↑