Advertisements

POPMAGZ » TV » TV Indo » Rating Anak Jalanan RCTI Spesial 4 Jam Kalahkan Anak Menteng SCTV

Rating Anak Jalanan RCTI Spesial 4 Jam Kalahkan Anak Menteng SCTV

Written by on 08/12/2015 | Twitter Email
Pemain Sinetron Anak Jalanan RCTI

Pemain Sinetron Anak Jalanan RCTI / Twitter

Advertisements

Menyambung postingan Popmagz.com pada Senin, 7 Desember 2015 kemarin, tentang episode spesial (4 jam) sinetron Anak Jalanan (AJ) yang diduga jadi upaya RCTI untuk menghadang rating dua sinetron baru SCTV, Anak Menteng dan Pedang Naga Puspa, hari ini sudah bisa diketahui hasilnya.

Berdasar data estimasi sementara rating televisi untuk hari Senin, 7 Desember 2015, yang dilansir Tabloidbintang.com, Selasa, 8 Desember 2015, episode perdana sinetron Anak Menteng berada di peringkat 5 besar. Meski secara peringkat terlihat relatif baik, namun ketika ditelaah lebih jauh, angka rating dan share Anak Menteng relatif mengecewakan, hanya dapat TVR 3.0 dan TVS 11,8 persen.

Sebagai pembanding, sang juara yang sudah bisa ditebak, Anak Jalanan, memporoleh rating 8,4 dan share 34,7 persen. Sebagai tayangan ‘head to head‘ dengan rilis sinetron perdana SCTV, angka tersebut terbilang luar biasa. Sepanjang pengamatan saya, rating normal sinetron AJ selama ini di kisaran 7 koma, meski tak jarang juga sampai 8 hingga 9.

Sementara sinetron kedua SCTV, Pedang Naga Puspa, yang juga tayang bersamaan dengan sinetron AJ spesial 4 jam, episode perdananya hanya memperoleh rating 2,2 dan share 8,6 persen. Perolehan angka rating tersebut tidak cukup membawa Pedang Naga Puspa ke 10 besar, sehingga harus puas berada di peringkat 13.

Meski memakai judul yang setipe, jalan cerita Anak Menteng boleh dibilang lebih ‘nyinetron’ dibanding Anak Jalanan karena munculnya latar belakang masa lalu orangtua tokoh utama yang rumit. Sedangkan untuk Pedang Naga Puspa tidak jauh berbeda dengan kisah-kisah sinetron kolosal yang pernah tayang di televisi-televisi Indonesia selama ini.

Untuk malam nanti, Anak Menteng masih akan berduel lagi dengan sinetron AJ yang kembali tayang normal dua jam. Sementara Pedang Naga Puspa bisa sedikit bernapas lega lantaran malam ini akan head to head dengan sinetron Tukang Bubur Naik Haji, yang tentu tidak sesuperior Anak Jalanan.

Advertisements

**Data rating yang digunakan sebagai acuan di atas masih berupa estimasi rating. Biasanya, real (fix) rating resmi akan keluar sehari setelah estimasi rating dirilis dan angkanya juga tidak jauh berbeda dari estimasi rating. Untuk update rating real-nya, akan saya posting secepatnya juga di postingan ini setelah saya mendapatkan datanya.

UPDATE!!

Dari data rating acara televisi real (fix) untuk hari Senin, 7 Desember 2015, yang saya kutip dari akun Twitter IRPTI™, Rabu, 9 Desember 2015, Sinetron Anak Menteng SCTV malah lebih memble dari estimasi yang saya tulis kemarin. Bila pada estimasi rating Anak Menteng menduduki peringkat ke-5 dengan TVR 3.0 dan TVS 11,8 persen, pada rating real-nya sinetron tersebut hanya berada di peringkat ke-7 dengan rating 2,5 dan share 10,2 persen.

Sinetron Pedang Naga Puspa malah lebih parah lagi, terun empat peringkat dari estimasi rating sebelumnya. Dengan TVR 2 dan TVS 8.1, Pedang Naga Puspa terlempar ke peringkat 17. Sementara untuk sang juara, Anak Jalanan, posisinya tetap sama dengan estimasi sebelumnya, hanya ada perubahan sedikit di angka rating dan sharenya menjadi 8,3 (TVS) dan 36 persen (TVR).

Advertisements

loading...

Berikan Komentar