Akhirnya, Rating Ikatan Cinta Dikalahkan Cinta Setelah Cinta

Oleh: - 9 Juli 2022  |

Instagram

Sinetron Cinta setelah Cinta SCTV
Sinetron Cinta setelah Cinta SCTV (Youtube)

Akhirnya! Kata itu tepat untuk menggambarkan keberhasilan SCTV lewat sinetron unggulan mereka Cinta Setelah Cinta (CSC) dalam mengalahkan Ikatan Cinta di tangga rating pada Jumat, 8 Juli 2022 kemarin. Bagaimana tidak, SCTV hampir dua tahun lamanya coba kudeta Ikatan Cinta namun selalu gagal.

Mengutip laporan rating yang diunggah akun Instagram @sobattvid, Cinta Setelah Cinta pada episode Jumat berhasil menempati peringkat kedua dengan raihan TVR (rating) 4,7 dan TVS (share) 17,8. Sementara Ikatan Cinta harus puas menduduki peringkat tiga dengan rating 4,6 dan share 17,3.

Rating hari Jumat dipuncaki siaran langsung pertandingan sepak bola Piala AFF U19 antara Indonesia vs Filipina yang tayang di Indosiar. Meski tak menempati urutan satu, Cinta Setelah Cinta tetaplah catatkan sejarah manis sebagai sinetron pertama yang berhasil mengalahkan Ikatan Cinta di tangga rating.

Ikatan Cinta sendiri boleh dibilang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sinetron-sinetron stasiun televisi lain sejak tayang pada Oktober 2020 silam. Sinetron yang dibintangi Amanda Manopo itu sejak awal-awal tayang sudah merajai rating acara TV, bahkan pecahkan berbagai rekor rating.

Cinta Setelah Cinta Kalahkan Ikatan Cinta
Cinta Setelah Cinta Kalahkan Ikatan Cinta (Instagram)

Pencapaian dan rekor-rekor yang diraih Ikatan Cinta itu seperti keberhasilan mereka pecahkan rekor rating Anak Jalanan pada awal Desember 2020. Lalu memasuki pertengahan Desember 2020 patahkan rekor rating Putri yang Ditukar. Beberapa hari kemudian rekor rating Cinta Fitri juga mereka lewati.

SCTV yang selama ini dikenal sebagai “seteru abadi” RCTI coba lakukan upaya untuk runtuhkan dominasi Ikatan Cinta dengan hadirkan beberapa sinetron baru. Sayangnya sederet sinetron baru yang SCTV hadirkan takluk semua dari Ikatan Cinta, meski dari materi pemain boleh dibilang lebih mentereng.

Baca juga:

Beberapa sinetron SCTV yang jadi korban “keganasan” Ikatan Cinta pada masa jayanya seperti Anak Band, Badai Pasti Berlalu, dan Naluri Hati. Padahal sinetron-sinetron itu dibintangi aktor-aktris “kelas A” Sinemart kayak Stefan William, Caesar Hito, Natasha Wilona, Michelle Ziudith, Samuel Zylgwyn, dll.

Tak goyah sedikit pun, kala itu Ikatan Cinta terus saja perkasa di saat slot tayang prime time SCTV silih berganti hadir sinetron baru produksi Sinemart. Bahkan pada puncak kejayaannya, tepatnya pada bulan Juni dan Juli 2021, Ikatan Cinta sampai bukukan rekor rating tertinggi 15,8 dan share mencapai 55,1.

Memasuki pertengahan 2022, siapa menduga keperkasaan Ikatan Cinta yang seakan invincible bisa runtuh. Lebih mengejutkan lagi, meski Cinta Setelah Cinta adalah sinetron Sinemart, bintang utama CSC sebenarnya adalah aktor dan aktris yang relatif tak identik dengan PH (production house) tersebut.

Pemeran utama (PU) sinetron Cinta Setelah Cinta adalah Eza Gionino dan Ririn Dwi Ariyanti. Keduanya bukanlah aktor dan aktris “kelas A” yang pernah jadi kebanggaan Sinemart seperti Rezky Aditya, Dude Harlino, Stefan William, Ammar Zoni, Nikita Willy, Naysila Mirdad, Irish Bella, Natasha Wilona, dll.

Sinetron Ikatan Cinta di RCTI
Sinetron Ikatan Cinta di RCTI (Youtube)

Keberhasilan Cinta Setelah Cinta kalahkan Ikatan Cinta pada Jumat lalu memang bukan jaminan CSC akan seterusnya ungguli Ikatan Cinta. Namun begitu, fenomena takluknya Ikatan Cinta kemarin seperti bukti nyata bahwa sinetron tersebut bisa juga dikalahkan setelah hampir dua tahun tak tersentuh.

Momok menakutkan itu boleh dibilang tak seseram dulu. Kami menduga stasiun televisi selain SCTV pun makin bersemangat untuk hadirkan sinetron-sinetron anyar mereka yang tayang head-to-head melawan Ikatan Cinta. Tidak ada ketakutan lagi bahwa para penonton bakal tersedot semua ke Ikatan Cinta.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan