Aku Ingin Dicintai Rating/Share 1/4, “Digerus” Ikatan Cinta

Oleh: - 25 November 2020  |

Instagram

Sinetron Aku Ingin Dicintai ANTV
Sinetron Aku Ingin Dicintai ANTV (Instagram)

Sukses besar yang diraih sinetron Ikatan Cinta dalam beberapa minggu belakangan ini turut mengangkat program-program RCTI lainnnya yang tayang berdekatan, seperti sinetron Putri untuk Pangeran, Master Indonesia 7, dan Indonesian Idol 2020.

Rating program-program RCTI yang tayang berdekatan dengan Ikatan Cinta itu tak kalah moncer hingga berhasil membuat program-program stasiun TV lain takluk. Kebanyakan orang lazimnya akan fokus pada keberhasilan RCTI itu kalahkan program-program SCTV.

Hal seperti itu wajar mengingat SCTV boleh dibilang sebagai seteru terkuat RCTI dalam persaingannya di tangga rating. Program-program yang merajai rating, khususnya di slot tayang prime time, selama ini memang sering diisi oleh acara-acara dari RCTI dan SCTV.

Baca juga:

Padahal, di belakang RCTI dan SCTV sebenarnya ada ANTV yang boleh dibilang sebagai “kekuatan ketiga”. Program-program prime time ANTV tak jarang bisa mengungguli acara RCTI dan SCTV di tangga rating, mendobrak dominasi dua penguasa lama tersebut.

Maka itu, mengamati nasib program ANTV di tengah booming-nya Ikatan Cinta pun relatif tidak kalah menarik dibanding sekadar keberhasilan RCTI kalahkan SCTV. Bisa kita mulai dari pertanyaan, “Jika SCTV saja bertekuk lutut, apakah artinya program ANTV luluh lantak?”

Rating Aku Ingin Dicintai ANTV Buruk
Rating Aku Ingin Dicintai ANTV Buruk (Instagram)

Mengutip data laporan rating acara TV untuk hari Selasa, 24 November 2020 kemarin yang diunggah akun Instagram @_estalope, performa rating program-program ANTV di slot tayang prime time memang terbilang sangat mengecewakan.

Pada hari tersebut, sinetron Aku Ingin Dicintai yang jadi salah satu andalan ANTV di slot prime time hanya maraih TVR (rating) 1 dan TVS (share) 4. Sementara duo serial India Lava dan Kusha dan Radha Krishna masing-masing dapatkan rating/share 1,7/11,4 dan 1,8/7,3.

Serial Turki Shehrazat yang juga ditayangkan ANTV pun tak kalah mengenaskan, cuma peroleh TVR 0,6 dan TVS 4,9. Program-program SCTV yang sama-sama kalah dari acara-acara RCTI raihan rating/share-nya relatif “mendingan” kecuali sinetron Dari Jendela SMP (DJS).

DJS pada hari Selasa raih rating/share 1,8/11,5. Anak Band yang tayang setelahnya peroleh TVR 2,9 dan TVS 13. Dia Bukan Manusia yang head-to-head dengan Ikatan Cinta bukukan rating 3,5 dan share 12,6, diikuti “jagoan lama” Samudra Cinta 2,5/13,5.

Sementara itu, Ikatan Cinta dan kawan-kawannya masih seperti biasa, masih sangat perkasa di tangga rating. Ikatan Cinta raih rating/share 10,/34,9, kemudian Putri untuk Pangeran yang tayang tepat sebelumnya mendapatkan TVR 4,2 dan TVS 17,6.

Perempuan pilihan yang tayang sebelum Putri untuk Pangeran dapatkan rating/share 2,2/13,2. Terakhir, Indonesian Idol 2020 yang hadir tepat setelah Ikatan Cinta torehkan angka TVR dan TVS yang tak kalah mentereng, yakni 4,5 dan 24,9.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan