Amanah Wali 6: Apoy, Rano Karno, dkk. Dakwahi Kampung Maling

Oleh: - 4 April 2022  |

Instagram

Sinetron Amanah Wali 6 RCTI
Sinetron Amanah Wali 6 RCTI (Youtube)

Program sahur RCTI pada Ramadan tahun 2022 ini kembali diisi sinetron Amanah Wali. Sinetron bergenre komedi religi yang telah memasuki musim ke-6 itu diberikan slot tayang pukul 02.30 WIB. Amanah Wali 6 pun head-to-head dengan Para Pencari Tuhan 15 (PPT 15) yang jadi program sahur unggulan SCTV.

“Hmm, kira-kira apakah Solihin akan diterima kerja walaupun berasal dari Kampung Ranca Kalong? Jangan lewatkan #AmanahWali6RCTI pagi dini hari, pukul 02.30 WIB! #LayarDramaRCTI #DramaSeriesTerbaik,” tulis RCTI pada caption promo Amanah Wali 6 yang mereka unggah ke Instagram.

Sebagaimana tersirat pada caption yang RCTI tulis di atas, Amanah Wali 6 mengambil latar belakang cerita di sebuah kampung bernama Ranca Kalong. Para warga kampung tersebut diceritakan sedang mengalami krisis akidah, dimana mereka menjalani profesi sebagai penipu, pencuri, dan pengemis.

Umi Aida (Denaya Bintang Azmi) pimpinan Pesantren An Nur melihat rusaknya akidah warga Ranca Kalong sebagai kesempatan untuk berdakwah. Faank, Apoy, Ovie, dan Tomi yang merupakan para mantan santri An Nur dimintai tolong Umi untuk membantu kelancaran dakwah di kampung tersebut.

Amanah Wali 6 di RCTI
Amanah Wali 6 di RCTI (Instagram)

Selain itu, Umi juga meminta bantuan Ustaz Dullah (Rano Karno). Mendakwahi warga Ranca Kalong bukanlah pekerjaan yang mudah. Pada episode-episode awal Amanah Wali 6 dikisahkan mini market An Nur yang didirikan Umi di Ranca Kalong menjadi korban pencurian oleh beberapa warga sana.

Salah satu pencuri, Munadi (Wingky Harun), berhasil ditangkap. Berita penangkapan Munadi langsung tersebar yang membuat mini market An Nur dikepung warga. Warga yang dipimpin seorang preman bernama Bang Jidun (Wan Afox) mengancam bakal bakar mini market bila Munadi tak dilepaskan.

Baca juga:

Ustaz Dullah, Apoy, dkk. diutus Umi Aida untuk menengahi masalah tersebut. Munadi kemudian dibawa ke salah satu rumah warga yang dituakan di sana untuk berunding. Meski sempat terjadi ketegangan antara Apoy yang juga mantan preman dengan Bang Jidun, Munadi pada akhirnya dilepaskan.

Di antara warga Ranca Kalong yang kebanyakan tak bermoral, sebenarnya ada juga yang memiliki akhlak mulia. Salah satu warga berakhlak mulia itu adalah cucu Munadi, Solihin (Sandy Pradana). Sifat baik yang dimiliki Solihin itu membuat Maya (Davina Karamoy) jatuh hati, meski ditentang orangtuanya sendiri.

Davina Karamoy dan Sandy Pradana
Davina Karamoy dan Sandy Pradana (Youtube)

Keteguhan hati Solihin untuk tidak ikuti jejak warga jadi penipu dan pencuri membuat dia menganggur. Setiap melamar pekerjaan, Solihin selalu terganjal dengan statusnya sebagai warga kampung Ranca Kalong. Image Ranca Kalong sebagai kampungnya para pencuri memang sudah sangat terkenal.

Seperti di muka kami ungkapkah, tidak mudah perbaiki Ranca Kalong. Akankah perjuangan Umi Aida, Apoy, dkk. bakal berhasil? Akankah nama buruk kampung Ranca Kalong bakal membaik sehingga membuat Solihin dan para warga mudah mudah mencari pekerjaan? Saksikan sendiri, ya!

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan