Anak Jalanan RCTI Ditegur KPI Lagi, Terancam Dihentikan Penayangannya

Written by on Feb 16, 2016 - Twitter Email
Pemain Sinetron Anak Jalanan RCTIPemain Sinetron Anak Jalanan RCTI / Twitter

Advertisements

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan teguran kedua untuk sinetron fenomenal Anak Jalanan (AJ) di RCTI. Dalam surat teguran tertanggal 12 Februari 2016 dengan nomor 155/K/KPI/02/16 itu, sinetron AJ yang tayang pada 22 Januari 2016, pukul 19.28 WIB, dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS).

“Program tersebut menayangkan adegan 2 (dua) orang pria yang melakukan freestyle menggunakan motor. Selain itu, terdapat adegan kejar-kejaran antara 3 (tiga) orang pria yang menggunakan motor dengan kecepatan tinggi di jalan raya,” tulis KPI dalam surat tegurannya.

KPI menilai adegan freestyle dan kebut-kebutan di jalan yang ada di sinetron AJ dapat memberikan contoh yang tidak baik bagi pemirsanya. Dikhawatirkan, mayoritas penonton sinetron AJ yang merupakan remaja bisa jadi akan menirukan adegan membahayakan tersebut.

“KPI Pusat menilai muatan demikian dapat memberikan dampak negatif dan berpotensi ditiru oleh khalayak yang menonton khususnya remaja. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja dan penggolongan program siaran,” lanjut teguran tersebut.

Judhariksawan, Ketua KPI Pusat, mengatakan KPI saat ini sedang intensif melakukaan pemantauan terhadap program-program RCTI khususnya sinetron AJ. Bila ke depan sinetron AJ masih melakukan pelanggaran, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan Pasal 75 SPS KPI Tahun 2012, yakni penghentian program.

Advertisements

“Kami akan terus melakukan pemantauan intensif terhadap program RCTI, jika masih ditemukan pelanggaran di kemudian hari, kami akan meningkatkan sanksi sesuai dengan Pasal 75 SPS KPI Tahun 2012,” ujar Judhariksawan, dikutip dari situs resmi KPI, Selasa, 16 Februari 2016

Sekadar diketahui, 24 November 2015 silam, KPI untuk pertama kalinya memberikan ‘perhatian’ kepada sinetron AJ dengan menerbitkan surat peringatan untuk sinetron tersebut. Dalam surat peringatan bernomor 1726/K/KPI/11/15 itu, KPI menilai sinetron AJ telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) dengan menayangkan adegan kekerasan.

Dua bulan berselang, 11 Januari 2016, KPI kembali memberikan perhatian khusus kepada sinetron AJ. Kali ini bukan peringatan lagi, melainkan teguran tertulis dengan nomor 24/K/KPI/01/16. Teguran tersebut diberikan lantaran Sinetron AJ yang tayang pada 31 Desember 2015 pukul 20.09 WIB menampilkan adegan perkelahian geng motor serta ucapan kata “tolol” dan “bego” dalam salah satu dialognya.

Advertisements

Related Post

Berikan Komentar

Back to top ↑