Benarkah KPI Melarang Sinetron Stripping alias Kejar Tayang?

Oleh: - 20 Januari 2021  |

Instagram

Sinetron Kejar Tayang Dari Jendela SMP
Sinetron Kejar Tayang Dari Jendela SMP (Youtube)

Bersamaan dengan munculnya rumor yang menyebut Sinemart akan berhenti menggarap sinetron dan beralih ke miniseri, gosip lain yang berhembus mengatakan bahwa Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memang akan membatasi jumlah episode sinetron di tanah air.

Keputusan Sinemart untuk hijrah dari sinetron ke miniseri disebut-sebut sebagai upaya mereka untuk memenuhi aturan alias regulasi baru KPI itu. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang warganet dengan akun Instagram @muhammad97imam.

“Info goib nya mini seri itu aturan dari KPI. Tunggu aja kebenarannya. Gue sih setuju pakai banget ya,” tulis @muhammad97imam, Selasa, 19 Januari 2020. Akun Instagram dunia pertelevisian @gosiptelevisi pun pada hari yang sama juga mengunggah postingan senada.

Baca juga:

“KPI Berencana membatasi jumlah episode sinetron Indonesia. Bagaimana menurut teman-teman? Ada yang setuju nggak? Yuk kita diskusi, komentar-komentar terbaik akan mimin post di IG Story,” tulis @gosiptelevisi dalam caption unggahan poster logo KPID.

KPI Batasi Jumlah Episode Sinetron
KPI Batasi Jumlah Episode Sinetron (Instagram)

Dari penulusuran Popmagz.com di situs website resmi KPI kpi.go.id dan akun Instagram resmi mereka @kpipusat, kami tidak menemukan pengumuman atau informasi terkait rumor itu. Apakah artinya kabar itu hanya sebatas gosip yang tak benar?

Memang website KPI pernah memuat artikel yang secara tersirat kontra dengan adanya sinetron stripping alias kejar tayang. Namun itu artikel lama, artikel 16 Desember 2019 silam dengan judul Sinetron Berkualitas Tidak Lahir Dari Produksi Kejar Tayang.

Artikel itu membahas diskusi kelompok terpumpun bertajuk Mengembalikan Kualitas Sinetron di Indonesia yang dihadiri Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Ahmad Yani Basuki, dan aktor senior sekaligus sutradara Deddy Mizwar.

Dalam salah satu pernyataannya di diskusi tersebut, Deddy Mizawar mengatakan sinetron yang proses syutingnya kejar tayang tidak akan bisa menjaga kualitasnya. “Gak bisa untuk jaga kualitas, hari ini syuting besok sudah tayang!” ungkap Deddy.

Artikel KPI Tentang Sinetron Sripping
Artikel KPI Tentang Sinetron Sripping (kpi.go.id)

Kami menduga rumor KPI bakal batasi jumlah episode sinetron atau melarang adanya sinetron stripping bermuara dari artikel tersebut. Boleh jadi memang benar Sinemart akan hijrah ke miniseri, tapi tak berhubungan dengan peraturan KPI apapun.

Namun begitu, bisa saja dugaan kami salah. Tak menutup kemungkinan artikel/diskusi KPI pada akhir 2019 silam memang jadi landasan untuk regulasi baru KPI mendatang. Mari kita tunggu saja dalam beberapa hari ke depan terkait kebenaran rumor tersebut.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan