Cerita Putri Mahkota ANTV Plagiat Drama Filipina Kadenang Ginto?

Oleh: - 21 Januari 2020  |

Instagram

Gunawan Sudradjat dan Mayang Yudittia
Gunawan Sudradjat dan Mayang Yudittia (Instagram)

Awal tahun 2020 ini ANTV hadirkan dua program sinetron baru yang jadi andalan mereka di slot prime time. Dua sinetron tersebut adalah Putri Mahkota dan Bawang Putih Berkulit Merah (BPBM). Putri Mahkota tayang perdana pada 5 Januari 2019.

Sementara itu Bawang Putih Berkulit Merah hadir beberapa hari setelahnya, tepatnya pada 15 Januari 2020. Sejak awal tayang BPBM sempat membuat para penonton bertanya-tanya lantaran memiliki kemiripan cerita dengan drama Korea Ruby Ring.

Rasa penasaran para penonton itu akhirnya terjawab ketika ANTV mulai memberikan keterangan di closing credits Bawang Putih Berkulit Merah yang menyatakan bahwa sinetron BPBM merupakan adaptasi dari drama Korea Rubby Ring.

Baca juga:

Usai terungkap bahwa Bawang Putih Berkulit Merah merupakan adaptasi dari drama Korea Rubby Ring, sinetron Putri Mahkota yang tayang lebih dulu mengalami hal yang sama. Para penonton mendapati cerita Putri Mahkota identik dengan drama Filipina Kadenang Ginto.

Memiliki kemiripan cerita dengan Kadenang Ginto atau yang juga dikenal dengan judul The Heiress, apakah Putri Mahkota adalah sinetron plagiat? Sama seperti Bawang Putih Berkulit Merah, Putri Mahkota rupanya adalah adaptasi resmi dari Kadenang Ginto.

Fakta Putri Mahkota adalah adaptasi Kadenang Ginto dikonfirmasi langsung oleh Dreamscape Entertainment, rumah produksi yang menggarap serial Filipina tersebut. Mereka mengonfirmasi hal itu lewat postingan Instagramnya pada Selasa, 14 Januari 2020.

Putri Mahkota ANTV Adaptasi Kadenang Ginto ABS-CBN
Putri Mahkota ANTV Adaptasi Kadenang Ginto ABS-CBN (Instagram)

Philippine’s Hit TV Series “The Heiress” Kadenang Ginto Gets Indonesian Remake. Titled “Putri Mahkota,” the remake debuted last January 5 and airs daily at 7:30 PM on the network. It is laso the first Philippine drama to be adopted by ANTV,” tulis akun @dreamscapeph.

Tak hanya dari pihak rumah produksi, pihak stasiun televisi ABS-CBN yang menayangkan Kadenang Ginto pun turut memberikan komentarnya terkait hal tersebut. Wincess Gonzalez salah satu perwakilan dari ABS-CBN bangga dengan capaian Kadenang Ginto.

“Kami senang cerita Kadenang Ginto bisa diterima dengan sangat baik di rumah-rumah pemirsa televisi Indonesia setiap malamnya,” kata Wincess Gonzalez sebagaimana dikutip dari laman media online rappler.com, Selasa, 21 Januari 2019.

Gonzalez berjanji akan terus menghadirkan karya-karya yang tak kalah bagus dari Kadenang Ginto. “Prestasi membanggakan ini akan terus menginspirasi ABS-CBN dalam menghadirkan kisah-kisah yang bisa diterima oleh penonton asing,” pungkasnya.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan