Cinta Brian dan Zoe Abbas ‘BHSI’ Mesra di Ranjang, KPI Bertindak

Oleh: - 17 Februari 2021  |

Instagram

Cinta Brian dan Zoe Abbas di BHSI SCTV
Cinta Brian dan Zoe Abbas di BHSI SCTV (Youtube)

Di tengah popularitas yang terus naik serta makin moncernya performa rating, sinetron Buku Harian Seorang Istri (BHSI) SCTV mendapat sanksi teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Beberapa episode BHSI dinilai KPI telah melanggar aturan.

Aturan yang dimaksudkan KPI itu adalah Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012. Episode BHSI yang dinilai bermasalah tayang pada 29 Januari 2021, 30 Januari 2020, 1 Februari 2021, 2 Februari 2021, dan 4 Februari 2021.

Buku Harian Seorang Istri episode 30 Januari 2021 memperlihatkan adegan tokoh utama Dewa (Cinta Brian) dan Nana (Zoe Jackson) terjatuh bersamaan ke tempat tidur. Badan keduanya kemudian saling bertindih, Nana di atas sementara Dewa di bawah.

Baca juga:

Dewa kemudian dalam hati mengatakan sesuatu yang menjurus pada adegan dewasa. “Nana, kamu istriku. Harusnya aku berhak atas kamu, kan. Tapi kekerasan hatiku membuat kita sampai sekarang belum melalui malam pertama kita,” kata Dewa.

Diwartakan kpi.go.id, Senin, 15 Februari 2021, adegan yang menjurus dewasa seperti di episode 30 Januari 2021 terulang di setidaknya tiga episode lain. “KPI juga menemukan muatan serupa pada tanggal 29 Januari 2021 serta tanggal 1, 2, dan 4 Februari 2021,” tulis KPI.

Sanksi Teguran untuk BHSI SCTV
Sanksi Teguran untuk BHSI SCTV (kpi.go.id)

Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo menyebut adegan yang diperagakan tokoh Dewa dan Nana di sinetron BHSI itu telah melanggar aturan tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesopanan serta kesusilaan yang berlaku.

Mulyo Hadi menyebut adegan itu telah menyalahi klasifikasi program remaja (R) yang disandang sinetron tersebut. SCTV juga dinilai kurang tepat menampilkan adegan menjurus ke dewasa pada sinetron yang tayang di jam prime time seperti BHSI.

“Sinetron ini berklasifikasi R atau remaja dan tayangnya masih sore dimana anak-anak dimungkinkan masih menyaksikan acara TV. Seharusnya, program yang diberi label ini mengikuti ketentuan tentang penggolongan progam siaran,” ungkap Mulyo Hadi.

“Adegan dan monolog tersebut jelas tidak sesuai dengan klasifikasi yang disandang program acara itu. Meski konteks cerita menunjukkan mereka adalah suami istri, adegan tindih-tindihan dengan kesan yang dibangun ada kecenderungan keromantisan, tidak patut ditonton,” tegasnya.

Seperti telah diungkapkan Mulyo Hadi di muka, karakter Dewa dan Nana dalam kisah sinetron BHSI memang diceritakan telah menikah. Selain Cinta dan Zoe, sederet bintang sinetron berbakat lain bermain di sini, seperti Antonio Blanco Jr dan Hana Saraswati.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan