Cinta Suci dan Cinta Fitri SCTV Punya Banyak Kesamaan, Apa Saja?

Oleh: - 3 November 2018  |

Intstagram LinkInstagram

Ammar Zoni dan Irish Bella
Ammar Zoni dan Irish Bella (Instagram)

Sinetron Cinta Suci SCTV kini jadi fenomena manarik di jagat pertelevisian tanah air, tepatnya sejak sinetron tersebut berhasil menjungkalkan Cinta yang Hilang (CYH) RCTI dari puncak singgasana rating acara televisi tanah air.

Tidak hanya berhasil mengkudeta CYH, rating yang ditorehkan Cinta Suci pun kini sangat tinggi. Rating Cinta Suci sering di angka enam koma, bahkan tidak jarang hampir menyentuh angka tujuh, fenomena yang jarang terjadi dalam satu-dua tahun belakangan.

Biasanya, angka rating super tinggi seperti itu hanya bisa ditorehkan oleh beberapa sinetron yang melegenda, misal Anak Jalanan RCTI atau Cinta Fitri SCTV. Menariknya, Cinta Suci sendiri memiliki banyak kesamaan dengan sinetron Cinta Fitri.

Baca juga:

Apa saja kemirian sinetron Cinta Suci dan Cinta Fitri, berikut daftarnya:

1. Arti Judul

Kesamaan pertama adalah kemiripan arti judul dua sinetron tersebut. Fitri merupakan serapan dari bahasa Arab Fitra atau Fitrah yang bisa diartikan kembali suci atau tidak memiliki dosa apapun. Jadi, Cinta Suci ataupun Cinta Fitri memiliki makna yang sama.

2. Penulis Cerita

Berikutnya adalah kesamaan penulisnya. Cerita dan skenario sinetron Cinta Suci ditulis oleh Hilman Hariwijaya, orang yang sama dengan yang menulis cerita dan skenario sinetron Cinta Fitri season dua sampai tiga.

3. Kehadiran Dinda Kanyadewi

Kesamaan lainnya adalah adanya Dinda Kanyadewi di dua sinetron tersebut. Di Cinta Suci Dinda berperan sebagai Elsa, sementara di Cinta Fitria ia memerankan Mischa, salah satu tokoh antagonis fenomenal dalam sejarah persinetronan Indonesia.

Sinetron Cinta Fitri SCTV
Sinetron Cinta Fitri SCTV (Twitter)

4. Penyanyi Soundtrack

Baik Cinta Suci maupun Cinta Fitri, kedua sinetron ini menggunakan soundtrack yang dinyanyikan oleh Rossa. Lagu Rossa berjudul Atas Nama Cinta jadi soundtrak Cinta Fitri, sementara Cinta Suci menggunakan lagu Rossa lainnya, Hati Yang Terpilih.

5. Tayang di SCTV

Kemudian kesamaan selanjutnya adalah stasiun televisi yang menayangkan, yakni sama-sama tayang di SCTV. Cinta Fitri sendiri tayang di SCTV sejak musim pertama sampai musim ke-enam. Sedangkan musim ketujuh atau terakhirnya tayang di Indosiar, “adik kandung” SCTV.

6. Rajai Rating

Seperti telah diungkapkan di muka, Cinta Fitri merupakan salah satu sinetron legendaris di tanah air. Tak heran bila rating-nya sangat moncer, langganan peringkat satu. Pun demikian dengan Cinta Suci yang kini dijuluki sebagai “raja rating” 2018.

Berita Terkait.

Berikan Komentar