Dari Jendela SMP Plagiat Squid Game? Penonton: Gue Malu Njir

Oleh: - 25 Oktober 2021  |

Instagram

Dari Jendela SMP Tiru Squid Game?
Dari Jendela SMP Tiru Squid Game? (Youtube)

Drama Korea (drakor) Squid Game yang tayang di Netflix belakangan ini menjadi fenomena luar biasa di seluruh dunia. Meski berlabel “drakor”, jangan salah, Squid Game bukanlah serial yang hadirkan banyak romansa percintaan, melainkan sebuah permainan “mematikan”.

Squid Game usung konsep cerita survival game, tentang bagaimana seseorang harus berjuang mempertahankan hidupnya dalam sebuah permainan. Boleh dibilang relatif mirip dengan franchise film/serial The Hunger Games, Death Race, Ready or Not, The Running Man, dll.

Bedanya, pada Squid Game lebih sering hadirkan jenis permainan sederhana, bahkan kerap dimainkan anak-anak Korea Selatan. Tokoh utama serial ini yang bernama Seong Gi Hun (Lee Jung Jae) dihadapkan pada banyak tantangan untuk bisa memenangkan uang 45,6 miliar won.

Baca juga:

Dikisahkan ada 455 peserta lain yang mengalami nasib serupa dengan Seong Gi Hun sehingga mereka pun terjebak pada permainan tersebut. Sekadar diketahui, Seong Gi Hun adalah adalah pria yang ditinggal istri dan anaknya usai alami kebangkrutan lantaran kecanduan judi.

Seperti telah kami tulis di muka, walau usung cerita permainan sederhana yang sering dimainkan anak-anak, para peserta yang tidak lolos atau kalah dalam setiap permainannya harus merelakan nyawanya karena bakal dieksekusi oleh para penjaga di permainan tersebut.

Drakor Squid Game di Netflix
Drakor Squid Game di Netflix (Youtube)

Memadukan keseruan sebuah permainan dengan kesadisan di tiap episodenya, Squid Game sukses besar. Dalam 28 hari sejak dirilis 17 September 2021 silam, Squid Game telah ditonton 111 juta orang, lewati rekor 82 juta sebelumnya milik serial Netflix lainnya, Bridgerton (2020).

Kesuksesan Squid Game pun akhirnya menginspirasi banyak karya-karya visual lain, mulai dari iklan, parodi, dll. Uniknya, salah satu sinetron unggulan SCTV, Dari Jendela SMP (DJS), disebut-sebut jadi satu dari sekian karya visual yang telah terinspirasi Squid Game.

Beberapa episode terbaru DJS memperlihatkan para tokoh utama terlibat dalam permainan mirip Squid Game. Pada versi DJS-nya, permainan itu bernama Dolanan Game. Tidak lupa segala atribut jaket, nomor peserta, senjata penjaga, jenis permainan, dll. mirip Squid Game.

Sayangnya, tidak sedikit pemirsa TV tanah air yang menilai adanya konsep cerita mirip dengan Squid Game di sinetron Dari Jendela SMP tidak etis. Banyak dari penonton yang menyebut tim produksi sinetron DJS telah melakukan penjiplakan atau plagiat.

“Penulis squid game mikir ini smpe 10th.. yg inii tinggal nyontek aja.. kan main,” komentar pemilik akun Instagram @haniink di salah satu postingan promo DJS terbaru yang diunggah SCTV. “gw yang liat malu jir apalagi yang meranin,” timpal warganet lain dengan akun @o_o.gurl.

Dari Jendela SMP Plagiat Squid Game?
Dari Jendela SMP Plagiat Squid Game? (Instagram)

“Min bikin Alur yg masuk akal dong janga apa2 yang viral dijadikan Skenario makin kesini makin Ngadi2 alurnya g jelas tujuan klimaksnya nanti beda sama waktu awal2 tayang,” kata @jeewldn. “Tv indo latahan bgt, tiap yg viral diikutin mulu,” ujar pengguna akun @vanilla__ice77.

Kami sendiri melihat kemiripan episode-episode terkini DJS dengan Squid Game memang terlalu kentara. Bahkan beberapa kemiripan terkesan “dipaksakan”, misal adanya penggunaan atribut senjata api. Hal itu sangat janggal bila berkaca DJS miliki latar cerita lingkungan sekolah.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan