Dari Jendela SMP Tamat, Bukan Sinetron Anak Emas SCTV Lagi?

Oleh: - 27 Februari 2022  |

Instagram

Rey Bong dan Sandrinna Michelle
Rey Bong dan Sandrinna Michelle (Youtube)

Usai berulang kali diisukan tamat namun berhasil selamat, sinetron remaja Dari Jendela SMP (DJS) SCTV akhirnya bakal akhiri masa penayangannya hari ini, Minggu, 27 Februari 2022. Kepastian tamatnya DJS menjawab rumor tamat yang sempat beredar lagi di media sosial beberapa hari belakangan.

Sebelumnya pada Kamis, 24 Februari 2022 lalu akun Instagram @sinemart.dramaseries yang merupakan salah saku akun fan base Sinemart—rumah produksi yang menggarap sinetron DJS—unggah pengumuman yang menyatakan Dari Jendela SMP bakal break tayang untuk sementara waktu.

Kala itu tidak sedikit yang menduga pengumuman break syuting adalah akal-akalan pihak SCTV dan Sinemart untuk menamatkan sinetron DJS secara halus, sama seperti yang terjadi pada sinetron Anak Langit. Maksudnya adalah DJS bakal hilang begitu saja tanpa adanya episode penutup atau ending.

Dugaan para pemirsa itu rupanya keliru, DJS akan tamat dengan episode penutup yang tayang pada hari ini. Episode terakhir DJS nanti tercatat sebagai episode ke-778, sebuah capaian yang sebenarnya terbilang luar biasa untuk sinetron yang telah hadir di SCTV sejak pertengahan 2020 silam tersebut.

Dari Jendela SMP sendiri hingga saat ini merupakan sinetron on-going (yang sedang tayang) SCTV dengan jumlah episode terpanjang. Banyak sinetron lain yang tayang seangkatan atau bahkan lebih baru tayangnya sudah “dibungkus” alias ditamatkan oleh SCTV lantaran rating-nya buruk.

Rating Dari Jendela SMP Buruk
Rating Dari Jendela SMP Buruk (Instagram)

Seperti telah kami sampaikan di muka, DJS juga kerap diisukan tamat, misal pada akhir 2020 silam atau pertengahan Januari 2022 kemarin. Namun DJS selalu selamat meski secara rating sebenarnya juga tidak jauh lebih baik dibanding sinetron-sinetron SCTV lain yang ditamatkan terlebih dulu.

Baca juga:

Rating yang biasa saja namun selalu lolos dari lubang jarum, hal itu sempat membuat DJS dijuluki sinetron kesayangan atau anak emas SCTV. Namun sepertinya kesabaran SCTV pada sinetron yang dibintangi Rey Bong dan Sandrinna Michelle itu habis juga saat rating-nya tak kunjung membaik.

Mengutip laporan rating yang diunggah akun Instagram @dunia_tv dan @indotv_official, pada Rabu, 23 Februari 2022 lalu DJS hanya raih TVR (rating) 1,3 dan TVS (share) 10,8. Sementara sehari setelahnya malah semakin memburuk, yaitu rating 1,2 dengan share yang hanya sedigit, 9,2.

Kami sendiri tidak terlalu terkejut saat tahu Dari Jendela SMP akhirnya tamat. Kami sudah menduga hal itu (tamatnya DJS) bisa saja terjadi saat SCTV memindah jam tayang sinetron tersebut ke slot yang sangat tidak ideal, yakni siang hari pukul 14.00 WIB, bertukar dengan sinetron Suster El.

Keberhasilan Dari Jendela SMP yang selalu lolos dari rumor-rumor tamat selama ini terjadi ketika jam tayang yang ditempati masih relatif mendukung, yakni antara sore (early prime time) atau malam (prime time). Ketika slot tayang mereka berganti siang, Dewi Fortuna pun tak menaungi DJS lagi.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan