Ditegur KPI, Sinetron Anak Langit SCTV Diminta Tamat Warganet

Oleh: - 4 Oktober 2019  |

Instagram

Anak Langit SCTV 26 Agustus 2019
Anak Langit SCTV 26 Agustus 2019 (Youtube)

Sinetron populer Anak Langit SCTV episode 1329 yang tayang pada 26 Agustus 2019 silam mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Dalam surat teguran bernomor 550/K/KPI/31.2/09/2019, Anak Langit disebut telah melakukan pelanggaran.

Adegan perkelahian di Anak Langit episode 1329 dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012. Pasalnya, menurut KPI, sinetron berklasifikasi R seperti Anak Langit tidak boleh memperlihatkan adegan kekerasan.

“Program siaran klasifikasi R dilarang menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas atau membenarkan perilaku yang tidak pantas,” kata Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo, dikutip dari situs resmi KPI, Jumat, 4 Oktober 2019.

Baca juga:

Mulyo Hadi Purnomo mengatakan, sinetron yang dibintangi Stefan William dan Nasya Marcella itu terlalu sering menampilkan adegan kekerasan. Bahkan di Anak Langit adegan kekerasan itu seperti hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

“Seharusnya tayangan dengan klasifikasi R ke bawah mengandung nilai-nilai positif, mendidik, memacu untuk berprestasi, dan hal baik lainnya. Kita tidak ingin remaja atau anak-anak kita menganggap adegan kekerasan seperti itu sebagai hal biasa dan lumrah,” tandasnya.

Anak Langit SCTV Ditegur KPI
Anak Langit SCTV Ditegur KPI (Instagram)

Teguran terhadap sinetron Anak Langit juga diumumkan KPI melalui akun Instagram resmi mereka, @kpipusat. Menariknya, teguran pada sinetron Anak Langit yang diunggah KPI ke Instagram malah dihujani komentar miring dari warganet di media sosial.

Mereka menyebut KPI terlalu lembek dan terlambat dalam memberikan teguran pada Anak Langit. Warganet menyebut Anak Langit sudah sepantasnya mendapat sanksi penghentian tayang atau ditamatkan mengingat sudah lama hadirkan banyak adegan kekerasan.

“Ditegur doank nih?? Knp coba @kpipusat ga berhentiin?? Dan kmn aja kpi pusat baru skrng nih ditegur adegan pukul-pukulan anak langit,” tulis warganet dengan akun Instagram @stefsyalovers05 di kolom komentar postingan pengumuman KPI.

“Nah kan enak kalau kayak gini sinetron yg nggak penting nggak usah di tayangin aja sekalian malah sinetron nya nggak mendidik lagi dimana coba letak mendidiknya?? Apakah saat dia berpacaran atau balapan motor,” ujar @angga.nation10.

Ada pula beberapa warganet yang membandingkan teguran KPI terhadap sinetron Anak Langit dengan keputusan mereka belum lama ini yang menghentikan penayangan dua program, yakni serial animasi Spongebob GTV dan talk show Hotman Paris Show.

“Teguran doangg, lucu deh bapaknya. kalau hotman paris aja diberhentiin sementara, pak jangan gitu lah, yang adil kek,” kata @liliez_l. “Langsung blokir aja sihh.. ini juga kan tontonan anak kecil ama remaja.. spongebob aja cepet banget di tindaknya,” tulis @sitiibayau

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan