Dituduh Plagiat Drama Korea Goblin, MD Entertainment Angkat Bicara

Written by on Mei 09, 2017 -

Intstagram LinkInstagram

Goblin Diplagiat Sinetron IndonesiaGoblin Diplagiat Sinetron Indonesia? / Instagram

MD Entertainment akhirnya angkat bicara terkait dugaan plagiat yang mereka lakukan lewat sinetron Malaikat Pelindung. Pemilik MD Entertainment, Manoj Punjabi, mengaku tidak tahu menahu soal produksi sinetron Malaikat Pelindung yang diduga menjiplak drama Goblin asal Korea tersebut.

“Saya jujur saja, kalau tim bikin sesuatu, saya tahu belakangan. Saya beri mereka kebebasan,” ungkap Manoj ketika ditemui di MD Place, kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin, 8 Mei 2017.

Manoj menyebut dirinya bukanlah orang yang gemar melakukan plagiat terhadap karya orang lain. Bila sinetron MD Entertainment mempunyai kesamaan dengan drama lain, Manoj memastikan itu sudah mendapat izin. “Kalau saya bikin sesuatu ada sama (konsep dan cerita), pasti minta izin,” tegasnya.

Pria 42 tahun itu mengaku bisa memaklumi bila sebuah sinetron terinspirasi dari drama lain. Namun dia sangat tidak mentolerir bila sampai menjiplak. “Kalau pun terinspirasi boleh-boleh saja, kalau sampai dia mau niru, itu saya nggak mau karena saya punya rasa malu. MD juga nggak mau begitu,” ujarnya.

Lebih jauh Manoj menuturkan, di era keterbukaan informasi seperti sekarang, melakukan plagiat terhadap suatu karya itu sangat mudah diketahui publik. Bahkan, lanjutnya, baru diduga melakukan plagiat saja sudah bisa membuat publik heboh.

“15-10 tahun lalu orang lebih mudah melakukan (penjiplakan), tapi zaman sekarang nggak bisa. Kenyataannya saya syuting belum lihat, tahu juga nggak,” lanjutnya, dikutip dari Kapanlagi.com, Selasa, 9 Mei 2017.

Manoj juga menduga kehebohan dugaan plagiat yang dilakukan oleh tim Malaikat Pelindung bisa jadi hanya sebuah setrategi marketing untuk mendongkrak popularitas sinetron tersebut. “Saya tidak tahu, mungkin mau cari sensasi terus belum tentu (tayang). Gitu-gituan hanya gimmick,” ujarnya.

Manoj sendiri mengaku santai menghadapi tudingan banyak orang bahwa MD Entertainment telah sengaja melakukan plagiat. Baginya, selama MD Entertainment belum secara resmi mengumumkan sinetron tersebut, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

“Saya dari MD yang penting secara official kita belum rilis apa pun. Jadi, no comment. Ngapain kita kontroversi dulu kalau belum apa-apa. Kalau jelas ada ya kita atasin (soal tudingan penjiplakan). Saya mana pernah takut, sih,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply

Back to top ↑