Drakor Tunnel di NET: Mirip Dark Netflix dan Memories of Murder?

Oleh: - 16 September 2021  |

Instagram

Drama Korea Tunnel
Drama Korea Tunnel (Twitter)

Drama Korea (drakor) Tunnel dihadirkan NET sejak Rabu, 15 September 2021 kemarin. Drama Korea yang dibintangi Choi Jin Hyuk, Yoon Hyun Min, dan Lee Yoo Young tersebut diberikan jam tayang yang sangat ideal oleh NET, yakni di slot prime time pukul 19.00 WIB.

“Gimana jadinya kalo seorang Detektif yang sedang mengejar pembunuh berantai, terlempar ke masa depan? TUNNEL, tayang Rabu 15 September jam 19.00 WIB,” tulis NET dalam caption pengumumannya di akun Instagram @netmediatama, Senin, 13 September 2021.

Tunnel merupakan satu dari sekian series/film yang diangkat dari kasus pembunuhan berantai Hwaseong (1986-1991). Selain Tunnel, sebelumnya sudah ada drakor Gap Dong (2014) dan Signal (2016) serta film Memories of Murder (2003) dan Confenssion of Murder (2012).

Baca juga:

Drakor Tunnel diproduksi tahun 2017 atau dua tahun sebelum Lee Choon Jae—sang pembunuh berantai Hwaseong—terungkap perbuatannya. Maka itu tak mengherankan bila profil pelaku pembunuhan yang dikisahkan di Tunnel berbeda dengan sosok Lee Choon Jae.

Tunnel diawali dengan cerita detektif kepolisian bernama Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) yang sedang mengejar pembunuh berantai hingga masuk ke dalam sebuah terowongan/goa. Ketika dia keluar dari sisi lain terowongan, Park Kwang Ho sudah berada di masa depan.

Drakor Tunnel Tayang di NET
Drakor Tunnel Tayang di NET (Instagram)

Sebelum masuk masuk ke dalam terowongan Park Kwang Ho berada pada tahun 1986, sementara sisi lain pintu terowongan adalah tahun 2017. Konsep sebuah terowongan atau goa berubah menjadi mesin waktu terbilang mirip dengan series Dark yang tayang Netflix.

Selama di masa depan memburu sang pembunuh yang ternyata adalah seorang ahli forensi kepolisian bernama Mok Jin Woo (Kim Min Sang), Park Kwang Ho dibantu oleh detektif muda Kim Seon Jae (Yoon Hyun Min) dan kriminolog cantik bernama Shin Jae Yi (Lee Yoo Young).

Park Kwang Ho di masa depan juga bertemu juniornya di kepolisian dulu, Jeon Sung Sik (Kim Dong Young). Lucunya, meski Jeon Sung Sik kini adalah ketua tim kepolisian, dia sering memanggil Park Kwang Ho yang tampilan fisiknya lebih muda dengan sebutan senior.

Banyak fakta yang membuat semua orang seperti saling terhubung diungkap usai Park Kwang Ho terdampar di masa depan. Kim Seon Jae ternyata adalah anak korban ke-4 Mok Jin Woo yang zaman kecil dulu sering digendong Park Kwang Ho saat ayahnya di kantor polisi.

Fakta lainnya adalah Shin Jae Yi ternyata anak kandung Park Kwang Hoi yang ketika kecil atau sebelum diadopsi oleh orang lain bernama Park Yeon Ho. Terungkapnya siapa ayah Shin Jae Yi mengagetkan Kim Seon Jae, pria yang selama ini diam-diam menyukainya.

Bagaimana Kim Seon Jae tidak kaget, sebelumnya Kim Seon Jae sering bertengkar dan berdebat konyol dengan Park Kwang Ho. Kim Seon Jae pun kini mendadak bersikap sopan pada Park Kwang Ho karena dia adalah calon ayah mertuanya sendiri.

Lee Choon Jae, Pembunuh di Hwaseong
Lee Choon Jae, Pembunuh di Hwaseong (Twitter)

Seperti telah kami tulis di muka, ada perbedaan profil pelaku pembunuhan di drakor Tunnel dan cerita nyatanya. Pada kisah aslinya, Lee Choon Jae sang pembunuh bukanlah seorang ahli forensik sama seperti Mok Jin Woo, melainkan seorang operator crane.

Lee Choon Jae sudah mendekam di penjara atas tuduhan pembunuhan adik iparnya sejak tahun 1994, jauh sebelum kasusnya di Hwaseong terungkap. Kasus di Hwaseong sendiri baru terungkap pada 2019 silam setelah ditemukan kecocokan DNA di pakaian empat korbannya.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan