Drakor VIP Trans TV Hilang, Ditamatkan Karena Rating Buruk?

Oleh: - 15 Juni 2020  |

Instagram

Drama Korea VIP Trans TV
Drama Korea VIP Trans TV (Twitter)

Drama Korea (drakor) VIP mendadak hilang begitu saja dari daftar acara Trans TV per hari ini, Senin, 15 Juni 2020. Slot tayang prime time Trans TV malam ini pukul 19.00 WIB malah diisi Bioskop Spesial Trans TV, The Amazing Spider-Man 2.

Tentu saja hal tersebut sangat mengejutkan mengingat drakor yang dibintangi Lee Sang Yoon dan Jang Nara itu terhitung belum lama tayang. VIP baru tayang di Trans TV sejak 4 Juni 2020 silam, baru memasuki episode 7 dari total 16.

Kami menduga dihentikannya penayangan VIP terjadi lantaran drama Korea tersebut dinilai gagal menorehkan prestasi di peringkat rating, tak seperti The World of the Married (TWOTM) yang jadi jadi penghuni slot tayang 19.00 WIB terdahulu.

Baca juga:

Mengutip data rating yang diunggah akun Instagram @dunia_tv baru-baru ini, audience share yang diperoleh VIP selama tayang hanya di kisaran 3-4 persen. Sebagai pembanding, TWOTM saat tayang selalu mendapat share 10 persen atau lebih.

VIP juga kalah jauh dibanding Legend of the Blue Sea (LOTBS) di Indosiar yang tayang lebih malam pukul 21.00 WIB. LOTBS selama tayang sering masuk 10 besar tangga rating, bahkan sampai membuat Indosiar bersiap hadirkan dua drakor baru.

Drakor VIP Trans TV Tidak Tayang Lagi
Drakor VIP Trans TV Tidak Tayang Lagi (transtv.co.id)

Bila melihat angka audience share-nya yang hanya di kisaran 3-4 persen alias sangat ngenes, padahal tayang di slot prime time ideal pukul 19.00 WIB, keputusan Trans TV untuk menghentikan penayangan drakor VIP memang relatif bisa dimaklumi.

Dengan hilangnya drama Korea di slot prime time-nya, Trans TV pun saat ini hanya memiliki satu judul drakor di slot siang, yakni Revolutionary Love. Drakor yang dibintangi Choi Siwon dan Kang Sora itu hadir setiap hari Senin-Jumat, pukul 09.30 WIB.

Tumbangnya VIP Trans TV apakah jadi pertanda demam drama Korea di tanah air sudah mulai reda? Terlalu dini untuk menyimpulkan seperti itu, apalagi beberapa judul drakor di stasiun-stasiun TV lain baru akan tayang, misal tiga drakor baru NET.

Kami sendiri menduga kacrutnya performa VIP di papan rating lebih dipengaruhi oleh keputusan Trans TV yang enggan memakai alih suara atau dubbing, tak seperti Indosiar yang mantap menggunakan dubbing untuk drakor LOTBS-nya.

Lalu kenapa TWOTM yang tayang tanpa dubbing bisa sukses di tangga rating? Kami melihat hal itu terjadi lantaran The World of the Married saat tayang memang sedang booming, bahkan tak hanya di Indonesia, tapi juga di banyak negara Asia.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan