Eks Penulis Ikatan Cinta: Gaji Penulis Sinetron Ratusan Juta

Oleh: - 16 Juni 2021  |

Instagram

Ikatan Cinta di RCTI
Ikatan Cinta di RCTI (Youtube)

Sukses besar yang diraih sebuah sinetron biasanya turut melambungkan nama para pemainya, baik itu bintang-bintang utama maupun para pelakon peran pembantu. Namun ada juga sinetron sukses yang turut melambungkan para penulis atau tim penulisnya.

Sinetron Ikatan Cinta RCTI boleh dibilang jadi salah satu sinetron yang berhasil membuat penulisnya terkenal, setidaknya di media sosial. Donna Rosamayna, Egi Nina, Felica Cahyadi, dan Yuli Duryat adalah nama-nama yang mendadak beken di media sosial usai Ikatan Cinta sukses.

Mereka berempat adalah penulis cerita dan skenario Ikatan Cinta yang beberapa di antaranya juga cukup aktif di media sosial. Egi Nina boleh dibilang jadi yang teraktif di media sosial, sayangnya ia belum lama ini mundur dari jajaran penulis cerita sinetron Ikatan Cinta.

Baca juga:

Namun begitu, postingan-postingan Egi di media sosial tetap menarik untuk diikuti. Paling anyar, pada Jumat, 10 Juni lalu Egi melalui akun Twitternya @eginina menulis kicauan yang membocorkan bayaran alias gaji para penulis sinetron setiap bulannya.

Egi menyebut bayaran para penulis cerita dan skenario sebuah sinetron bisa menyentuh angka ratusan juga per bulan. Dia mencontohkan, seorang leader atau head-writer dibayar 279jt-465jt per bulan, dimana pendapatan tersebut masih dibagi lagi dengan tim-nya.

Gaji Penulis Sinetron Ratusan Juta
Gaji Penulis Sinetron Ratusan Juta (Twitter)

“Penghasilan Penulis Skenario? Co-writer (drafter) 30jt-62jt/bln. Co-writer (ploter) 62jt-93jt/bln. Head-writer 279jt-465jt/bln (ini belum di bagi ke team). Peran co-writer SANGAT PENTING krn kalo ga ada mereka, striping gak akan bisa jalan. Kadang head-writer jg ada yg ga kerja,” kata Egi.

Kicauan Egi tersebut mendapat banyak tanggapan dari warganet. Pada salah satu jawabannya kepada warganet, Egi menyebut ada beberapa rumah produksi yang berikan bonus honor lagi ketika rating sinetronnya sukses, namun ada pula yang hanya berikan ucapan terima kasih.

“Klo ratingnya bagus bisa lebih dari itu ya kak?,” tanya @reynapalfahri. “Tergantung PH-nya.
Ada yg kasih bonus, ada yg cuma say thanks,” jawab @eginina. Sayangnya Egi enggan beberkan rumah produksi mana yang berikan bonus dan mana yang tidak.

“Kalau rating bgs baik secara share maupun tvr bisa lbh dr ini ya mbk egi. amajing,” tanya @viRsa2005. “Bisa iya bisa enggak. Buktinya.. hmmmm ah enggak deh wkwkwwk,” jawab Egi. “kan kan mbk egi wkwkwkwk,” @viRsa2005 menimpali lagi.

Selain di Ikatan Cinta, Egi juga tergabung di Buku Harian Seorang Istri (BHSI) SCTV. Lewat Twitter, Egi mengaku kini hanya mengambil job nulis di satu sinetron saja. Namun begitu, Ia kabarnya bakal ambil bagian di sinetron baru Penjaga Cinta yang segera tayang di SCTV.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan