Elementary NET: Sherlock yang Watson dan Moriarty-nya Wanita

Oleh: - 14 Februari 2022  |

Instagram

Lucy Liu dan Jonny Lee Miller
Lucy Liu dan Jonny Lee Miller (Youtube)

NET hadirkan serial Elementary mulai hari ini, Senin, 14 Februari 2022, mengisi slot tayang malam hari mereka pukul 22.00 WIB. Elementary merupakan serial asal Amerika yang ceritanya diadaptasi dari novel bertema detektif legendaris Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle.

“Aksi detektif yang paling ditunggu, yuk bersiap kita telusuri dan pecahkan kasus-kasus kejahatan barengan @lucyliu dan @jonnylmiller. Elementary, mulai hari Senin tanggal 14 Februari 2022, jam 22.00 WIB hanya di NET,” tulis NET dalam promo yang mereka unggah di Instagram.

Sebagai serial televisi adaptasi Sherlock Holmes, Elementary sering dibanding-bandingkan dengan serial Sherlock versi BBC yang dibintangi Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman. Apalagi kedua serial ini tayang perdana dalam waktu yang relatif berdekatan pada 2012 silam.

Elementary yang dibintangi oleh Jonny Lee Miller dan Lucy Liu ditayangkan CBS Amerika pada 27 September 2012, sementara Sherlock-nya Benedict hadir beberapa bulan lebih awal, yakni 25 Juli 2012. Elementary pun sering disebut sebagai versi Amerika dari Sherlock BBC.

Tak seperti adaptasi Sherlock Holmes lain, Elementary adalah adaptasi yang terbilang sangat “berani” dalam memberikan keunikan. Salah satu keunikannya itu seperti tokoh Dr. Watson yang pada novelnya diceritakan sebagai seorang pria, di Elementary malah dikisahkan sebagai wanita.

Serial Televisi Elementary Tayang di NET
Serial Televisi Elementary Tayang di NET (Instagram)

Dr. Watson di Elementary diceritakan bernama Joan Watson, alih-alih John Watson seperti yang kita kenal selama ini. Watson yang miliki sertifikasi dokter bedah memilih karier sebagai sober companion atau pendamping orang-orang yang selesai jalani rehabilitasi narkoba.

Baca juga:

Salah satu klien atau boleh dibilang pasien Watson adalah Holmes (Jonny). Iya, anda tidak salah baca, salah satu keunikan lain di Elementary adalah Holmes diceritakan sebagai seorang mantan pencandu narkoba dengan beberapa tato di badan seperti seorang penjahat/kriminal.

Holmes ketika masih jadi pencandu narkoba tinggal di London sembari jalani profesi sebagai konsultan kepolisian London. Tak heran ketika dia sudah pindah ke New York langsung dipercaya menjadi konsultan kepolisian di sana berkat reputasi yang sangat mentereng di masa lalu.

Berpartner dengan wanita ketika menangani kasus-kasus kriminal, pasti banyak di antara penonton yang menduga akan ada kisah asmara antara Holmes dan Watson. Sayangnya dugaan tersebut meleset, tak ada kisah asmara di antara mereka, keduanya dikisahkan profesional.

Malah yang menarik atau keunikan selanjutnya dalam Elementary, sosok musuh utama Holmes yaitu Profesor Moriarty adalah mantan kekasihnya alias seorang wanita. Iya, kembali lagi Elementary “mewanitakan” tokoh di novel Sherlock Holmes yang seharusnya laki-laki.

Moriarty sendiri diperankan oleh Natalie Dormer, aktris cantik yang populer berkat perannya sebagai Margaery Tyrell di serial televisi fenomenal Game of Thrones. Moriarty pacaran dengan Holmes saat masih di London, ketika dirinya masih memakai identitas sebagai Irene Adler.

Elementary terbilang sukses yang dibuktikan dengan panjangnya masa penayangan serial tersebut. Elementary tercatat miliki 154 episode yang terbagi dalam tujuh season (musim). Sebagai pembanding, Sherlock BBC hanya miliki 13 episode dalam empat musim penayangan.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan