Gangaa SCTV Berhenti Tayang, Bukan Karena Rating yang Buruk

Oleh: - 15 Maret 2016  |

Instagram

Ruhana Khanna 'Gangaa' SCTV
Ruhana Khanna pemeran ‘Gangaa’ SCTV (Twitter)

Senin, 14 Maret 2016 kemarin, pencinta serial India Gangaa di SCTV dibuat terkejut dengan tidak tayangnya serial tersebut secara tiba-tiba. Mereka khawatir bila Gangaa mengalami nasib yang sama dengan beberapa sinetron SCTV yang berhenti di tengah jalan lantaran rating-nya jeblok.

Meski begitu, para penggemar sebenarnya tidak perlu risau karena serial rating Gangaa relatif baik dibanding serial SCTV lainnya. Namun sayang, Gangaa tetap dihentikan SCTV bukan karena rating jeblok, melainkan strategi yang harus diambil dalam menyikapi stok episode yang begitu mepet.

“Saat ini kami putuskan untuk stop dulu. Akan kami lanjutkan, tapi belum diputuskan kapan. Ini bagian dari strategi juga. Kami harus melihat, kalau terlalu mepet akan kesulitan dari teknis (stok tayangan),” ungkap General Manager Programming Acquisition SCTV, Banardi Rachmad.

Seperti diketahui, di tanah air, serial Gangaa tayang langsung dua episode setiap hari. Jumat, 11 Maret 2016 lalu, SCTV menayangkan Gangaa episode 254 dan 256, yang merupakan episode terakhir sebelum dihentikan sementara.

Baca juga:

Serial Gangaa sendiri tayang di tanah air hanya berselisih dua minggu dari jadwal tayang episode teranya’ serial tersebut di negara asalnya, India. Di India, serial yang dibintangi oleh artis cilik imut Ruhana Khanna itu baru sampai pada episode ke-271.

Sebenarnya SCTV bisa saja memakai strategi menayangkan Gangaa setiap hari satu episode, sama dengan di negara asalnya. Namun Benardi berpendapat bahwa tipikal penonton televisi tanah air kurang begitu suka dengan serial yang jam tayang episodenya pendek (30 menit).

“Penonton kita, kalau episode pendek agak kurang puas. Kalau cuma setengah jam, di kita enggak bisa. Minimal 1,5 jam,” tutupnya, seperti dikutip dari Tabloidbintang.com, Selasa, 15 Maret 2016.

Pendapat Benardi sebetulnya tidak terlalu tepat bila berkaca dengan kesuksesan ANTV saat menayangkan serial kolosal Mahabharata dua tahun silam. Kala itu, ANTV berhasil merajai rating televisi Indonesia dengan serial Mahabharata yang tayang tiap hari dengan satu episodenya berdurasi 20 menit.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan