Harga Iklan di SCTV Rp110 Juta, Indosiar dan RCTI Rp100 Juta

Oleh: - 22 Januari 2020  |

Instagram

Studio SCTV
Studio SCTV (wikimedia.org)

Akun Instagram informasi seputar dunia televisi @indotvtrends hari ini, Rabu, 22 Januari 2020 mengunggah postingan yang mengungkap tarif iklan di beberapa stasiun TV tanah air, mulai dari RCTI, MNCTV, GTV, SCTV, Indosiar, ANTV, TV One dll.

“Estimasi Harga Iklan /30 detik di 12 Stasiun TV Swasta,” tulis @indotvtrends pada caption unggahannya tersebut. Sayangnya @indotvtrends tidak menyampaikan atau memberikan keterangan sumber dari informasi tersebut.

Ketiadaan sumber membuat data tersebut relatif meragukan kevalidannya. Bahkan ada beberapa data yang terbilang janggal, misal tarif iklan slot tayang prime time MNCTV yang menyentuh Rp75 juta, padahal RCTI alias “kakaknya” disebutkan paling tinggi di angka Rp65 juta.

Baca juga:

Kejanggalan lainnya ada pada harga iklan prime time termurah ANTV yang paling tinggi di antara stasiun televisi lain, yakni Rp50 juta. Sementara RCTI dan SCTV yang pada tahun 2019 silam audience share-nya lebih berjaya hanya berada di angka Rp45 dan Rp35 juta.

Menariknya, Michael Tjandra, General Manager Sales SCTV dan Indosiar turut memberikan komentar pada postingan @indotvtrends tersebut. Ia mengonfirmasi bahwa tarif iklan SCTV dan Indosiar yang tertera di unggahan tersebut tidak akurat.

Michael memberikan bocoran harga iklan di SCTV adalah Rp110 juta per 30 detik. “Kurang akurat Min, SCTV aja rate card prime time harganya 110 juta dur 30″,” tulis Michael Tjandra mengomentari postingan @indotvtrends lewat akun Instagram miliknya, @miketjandra.

Masih dalam runtutan komentar yang sama, Michael menerangkan tarif iklan yang ia sampaikan tersebut adalah untuk slot tayang prime time. Ia pun juga memberikan bocoran harga Iklan prime time Indosiar yang lebih murah Rp10 juta dibanding SCTV.

@miketjandra wow… bos sctv langsung yang jawab gimana nih min? Datanya belom valid berarti ya pak?,” tanya @ian_nih. “@ian_nih Iya harusnya utk harga prime time SCTV 110 juta dan Indosiar 100 juta utk Suara Hati Seorang Istri dan 110 juta utk program LIDA,” jawab @miketjandra.

Tarif iklan non prime time SCTV menurut Michael dipatok pada harga Rp45 juta. “@miketjandra kalau daytime indosiar harganya berapa mas perslotnya kalau boleh tau?” tanya @adhityaharnanda. “@adhityaharnanda Average harganya di 45 juta utk durasi 30″,” jawab @miketjandra.

Michael Tjandra Ungkap Tarif Iklan RCTI
Michael Tjandra Ungkap Tarif Iklan RCTI (Instagram)

Lebih menarik lagi, Michael Tjandra juga buka-bukaan tarif iklan prime time RCTI, stasiun TV yang boleh dibilang kompetitor utama SCTV sejak lama. Menurut keterangan Michael, harga iklan prime time RCTI sama dengan Indosiar alias lebih murah Rp10 juta dibanding SCTV.

@indotvtrends ya kalau SCTV dan Indos sampai 100+jt ya RCTI malah WAW,” tulis warganet lainnya dengan akun Instagram @cak_youtube_edelweiss. “@cak_youtube_edelweiss RCTI harga prime timenya 100 juta,” timpal @miketjandra.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan