Idola Cilik 2022 Rating-nya Buruk Karena Lagu Bahasa Inggris?

Oleh: - 15 Juni 2022  |

Instagram

Idola Cilik Musim 6 2022 di RCTI
Idola Cilik Musim 6 2022 di RCTI (Youtube)

Enam tahun absen menemani pemirsa, ajang pencarian bakat menyanyi untuk anak-anak Idola Cilik (Icil) kembali dihadirkan RCTI. Icil 2022 atau musim keenam tayang perdana pada Senin, 13 Juni 2022, pukul 13.00 WIB kemarin dengan hadirkan para juri anyar serta pembawa acara (host) baru.

Kursi juri Idola Cilik 6 ditempati oleh musisi Maia Estianty, Bambang Reguna Bukit alias Bams mantan vokalis band Samson, dan presenter kocak Ayu Dewi yang sempet jadi host Icil musim keempat (2012) dan kelima (2015). Adapun untuk posisi host diisi oleh Irfan Hakim dan Ziva Magnolya.

Sama seperti musim keempat dan kelima, Idola Cilik 2022 juga menghadirkan para juri tamu. Mereka yang menempati posisi juru tamu antara lain Judika, Aurel Hermansyah, Lyodra Ginting, Anneth Delliecia, dan Dul Jaelani. Para peserta Icil 2022 adalah para anak-anak berbakat usia 6-12 tahun.

Mengutip laporan rating yang diunggah akun Instagram @dunia_tv pada hari ini, Rabu, 15 Juni 2022, performa debut Idola Cilik 6 terbilang mengecewakan. Bagaimana tidak, jangankan menembus TVR (rating) dua atau lebih, Icil 2022 hanya sanggup catatkan rating 0,8 dan TVS (share) 7.0.

Rating Idola Cilik 2022 Buruk
Rating Idola Cilik 2022 Buruk (Instagram)

Dari pantauan Popmagz.com di media sosial, banyak warganet yang menilai komposisi pengisi acara serta pemilihan lagu peserta adalah penyebab buruknya rating Idola Cilik 2022. Sekadar diketahui, banyak peserta Icil 6 menyanyikan lagu bahasa Inggris yang relatif tak ramah telinga anak-anak.

Baca juga:

Warganet juga menilai kebaradaan Maia, Bams, Irfan, dkk. belum bisa mengimbangi pesona para pengisi acara Icil musim-musim terdahulu. Idola Cilik selama ini memang lekat dengan Ira Maya Sopha (Mama Ira), Winda Viska, dan Duta Sheila on 7 di kursi juri, dilengkapi Okky Lukman sebagai pembawa acara.

“Okky Lukman, mama Ira, Om duta, kak Winda udah melekat sama ICIL. Awal awal pas ada ini udah excited setelah sekian lama absen. Taunya ambyar pas tau juri dan host baru semua. Irfan terbiasa bawa talent dangdut jadi musti adaptasi lagi,” komentar warganet pemilik akun instagram @afiff02.

“Icil sekarang pake lagu2 dewasa…. Sangat jauh keluar dari yang seharusnya…. juri juga agk kurang fair dan kurang menghibur kaya mama ira, om duta.. pembawa acara juga sudah mrlekat kak oki… jadi ya kayanya icil 2022 gak akan bisa seseru yang dulu,” tulis pengguna akun @puad_syamsul_huda_.

Untuk deretan pengisi acara memang boleh dibilang hal yang sepertinya sulit untuk dibenahi pihak RCTI, mengingat hal itu lebih ke preferensi penonton terhadap artis. Berbeda dengan pemilihan lagu, dimana tim kreatif Icil 2022 bisa berikan atau wajibkan lagu-lagu lokal yang ramah di telinga anak-anak.

Tren lagu bahasa Inggris di ajang pencarian bakat tanah air memang bukan hal baru, setidaknya dalam satu dekade ini atau setelah era 2010. Beda dengan misal Indonesian Idol atau Akademi Fantasi Indosiar (AFI) saat awal-awal tayang tahun 2000-an silam, dimana didominasi lagu-lagu bahasa Indonesia.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan