Ikatan Cinta Kalahkan Anak Jalanan, Putri yang Ditukar Terancam?

Oleh: - 2 Desember 2020  |

Instagram

Sinetron Ikatan Cinta RCTI
Sinetron Ikatan Cinta RCTI (Youtube)

Sinetron Ikatan Cinta RCTI akhirnya pecahkan rekor rating sinetron Anak Jalanan pada Minggu, 30 November 2020 kemarin. Mengutip data rating yang diunggah Okezone.com, Rabu, 2 Desember 2020, Ikatan Cinta pada hari Minggu raih TVR (rating) 11 dan TVS (share) 37,3.

Angka rating 11 sinetron Ikatan Cinta itu telah melewati rekor 10,8 yang dicetak Anak Jalanan pada 13 Maret 2016 silam. Hanya saja capaian share sinetron yang dibintangi Amanda Manopo dan Arya Saloka itu belum bisa melewati Anak Jalanan yang miliki rekor TVR 44,6.

Kegemilangan performa rating dan share Ikatan Cinta pada hari Minggu turut mengatrol beberapa program lain RCTI yang tayang sebelum dan sesudahnya. Sinetron Putri untuk Pangeran yang tayang sebelum Ikatan Cinta tempati runner-up dengan TVR/TVS 4,2/18,7.

Baca juga:

Sementara ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol Special Season yang tayang setelah Ikatan Cinta menduduki posisi tiga dengan raihan rating 3,6 dan share 22. Tentu saja hal itu adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi RCTI.

Berbicara keberhasilan Ikatan Cinta pecahkan rekor Anak Jalanan pada akhir tahun 2020 ini terbilang sangat menarik. Pasalnya, dua bintang utama Anak Jalanan, Stefan William dan Natasha Wilona saat ini juga masih bintangi sinetron yang masih tayang.

Wilona dan Stefan di Anak Band SCTV
Wilona dan Stefan di Anak Band SCTV (Youtube)

Sinetron yang pasangkan Stefan dan Wilona itu adalah Anak Band SCTV. Anak Band sendiri jam tayangnya sempat head-to-head dengan Ikatan Cinta di slot tayang super prime time. Saat masih H2H terbukti Anak Band tak bisa berkutik di hadapan Ikatan Cinta.

Ketidakberdayaan Anak Band hadapi Ikatan Cinta itu pula yang diduga kuat jadi alasan SCTV menggeser jam tayang Anak Band dari slot tayang super prime time ke early prime time. Sementara slot tayang yang ditinggalkan Anak Band diisi sinetron anyar Dia Bukan Manusia.

Pemirsa televisi tahun 2020 ternyata lebih suka pasangan Arya-Amanda ketimbang Stefan-Wilona. Hal itu seperti menjawab juga bahwa nama besar pemain atau “couple legendaris” bukan jaminan bisa ulangi kesuksesan seperti di sinetron-sinetron sebelumnya.

Usai lewati rekor Anak Jalanan, masih ada target rekor lain yang mungkin saja bakal Ikatan Cinta pecahkan juga. Rekor program sinetron dengan rating tertinggi sendiri masih dipegang sinetron Cinta Fitri Season 3 yang tayang di SCTV pada 2009 silam.

Pemain Putri yang Ditukar RCTI
Pemain Putri yang Ditukar RCTI (Instagram)

Pada episode terakhir musim ketiganya yang tayang 12 April 2009, Cinta Fitri raih rating 12,6 dan share 39,2. Sinetron lain yang hampir saja memecahkan rekor Cinta Fitri adalah Putri yang Ditukar (PYD) RCTI pada 5 Januari 2011 dengan TVR/TVS 12,4/43,9.

Baru memasuki bulan ketiga penayangan, Ikatan Cinta terbilang belum masuk puncak konflik ceritanya. Dengan kata lain, rating Ikatan Cinta kemungkinan bakal terus naik. Pecahnya rekor 12,4 Putri yang Ditukar boleh jadi tinggal menunggu hari, kemudian 12,6-nya Cinta Fitri.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan