Jalan-Jalan ke Malaysia, Icip Kuliner Lezat Yang Menggoyang Lidah

Oleh: - 27 September 2017  |

Instagram

sumber:topsy.one

Bernegara tetangga dan memiliki kultur budaya yang mirip, banyak makanan di Malaysia yang juga mirip dengan kuliner di Indonesia. Beberapa bahkan namanya sama dengan makanan di Negara kita, namun tetap saja ada yang berbeda antara makanan Malaysia dengan Indonesia.

Kuliner Malaysia sangat kental dengan unsur bumbu Melayu, China, dan India. Selain itu di Malaysia juga memiliki banyak kue-kue tradisional yang lezat.

Apa saja yang harus kamu cicip kalau berada di Malaysia? Makanan-makanan ini jangan sampai terlewatkan!

Nasi Lemak

Memang, tak hanya Malaysia yang memiliki nasi lemak. Sumatera dan Singapura pun punya kuliner yang satu ini dan isinya pun mirip. Namun jika diperhatikan dengan benar, nasi lemak di Malaysia rasanya memang berbeda dengan nasi lemak di Sumatera dan Singapura. Ada bumbu yang tidak dipakai di semenanjung Melayu lainnya, yang membuat nasi lemak Malaysia terasa berbeda.

Rojak

Seperti di Indonesia dan Singapura, Malaysia pun punya rujak dengan sebutan Rojak. Bumbunya pun mirip, cabe yang diuleg dengan kacang dan bumbu lainnya. Nah yang bikin rojak Malaysia beda adalah sambel balacannya.

Dengan isian sayur dan buah serta sambal balacan, kuliner rojak Malaysia punya rasa unik dan beda dari rujak yang ada di Indonesia. Sekali coba, kamu pasti langsung suka dengan rasanya yang unik, gurih dan menggoyang lidah.

sumber:inseasia.com

Kuliner Udang Lung Seng Tanjung Tualang

Tidak ada tempat paling menyenangkan bagi pecinta udang selain Lung Seng Tanjung Tualang. Di sepanjang resto atau warung yang ada di kawasan Perak, Malaysia Utara ini hampir semuanya menyajikan masakan berbahan dasar udang yang sangat segar. Sebelum disajikan, udang-udang berukuran raksasa ini dibiarkan hidup di dalam kolam. Jadi ketika dimasak, kondisinya benar-benar sangat fresh.

Nasi Kandar

Kalau kamu liburan di kawasan Penang, wajib hukumnya mencicip Nasi Kandar yang menjadi kuliner khas daerah sana. Ada dua jenis nasi kandar, yang memakai nasi putih biasa atau nasi berbumbu sejenis nasi uduk di Indonesia.

Toppingnya bermacam-macam, mulai dari potongan daging sapi, ayam goring, udang goreng, ikan roa dan banyak pilihan lauk lainnya. Sementara sayuran pendampingnya biasanya terdiri dari brinjal, okra dan beberapa sayuran lainnya.

Setelah memilih topping dan sayur, bumbu Nasi Kandar dituangkan ke atas nasi dan makanan siap disantap. Disajikan di atas daun pisang, Nasi Kandar akan membuatmu kangen untuk balik lagi ke Penang.

sumber:says.com

Bihun Sup Utara

Jangan dibayangkan seperti bihun Indonesia yang berwarna putih, Bihun Sup Utara ini lebih mirip dengan mie kuning Indonesia namun dengan ukuran yang lebih kecil. Makanan ini biasanya disajikan berkuah bening seperti sup, dengan isian daging, daun seledri, daun bawang dan juga saos sambal. Cocok dinikmati ketika malam tiba atau musim hujan.

Tergoda dengan berbagai kuliner lezat khas Malaysia? Tak perlu menunggu lama, karena liburan ke Negara tetangga ini bisa kamu lakukan setiap weekend.

Dengan tiket Malaysia Airlines yang sangat terjangkau, liburan ke Malaysia nggak perlu menunggu promo lagi. Berangkat setiap akhir pekan, Malaysia Airlines siap membawamu ke Negeri Jiran yang makanannya sungguh menggoyang lidah.

Memesan tiket Malaysia Airlines sejak jauh hari atau mendadak, kamu akan tetap mendapatkan harga terbaik. Dan enaknya lagi, kalau menumpang maskapai kebanggaan Malaysia ini kamu sudah dapat icip-icip kuliner khas sana sejak perjalanan berangkat.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan