Junior Masterchef Indonesia 2022 Tamat Cepat Karena Rating?

Oleh: - 9 Agustus 2022  |

Instagram

Junior Masterchef Indonesia 2022
Junior Masterchef Indonesia 2022 (Youtube)

Dikenal sebagai stasiun televisi yang pernah sukses hadirkan talent show populer seperti Indonesian Idol, X Factor Indonesia, Masterchef Indonesia, dll., RCTI kini malah kurang berhasil dalam menayangkan ajang serupa khusus anak-anak. Junior Masterchef Indonesia 3 (JMCI 3) 2022 jadi contoh teranyarnya.

JMCI 2022 sepertinya bakal mengakhiri masa penayangannya lebih cepat dari yang dijadwalkan. Salah satu pertanda nyata bakal berakhirnya Junior Masterchef Indonesia 3 lebih cepat adalah adanya eliminasi secara massal pada episode yang tayang Sabtu, 6 Agustus 2022 dan Minggu, 7 Agustus 2022 kemarin.

Pada dua episode tersebut, tercatat lima peserta dipulangkan lebih cepat oleh para juri dari galeri Junior Masterchef Indonesia 3. Adriana, Akshita, dan David dieliminasi pada hari Sabtu, sementara Darell Wu dan Quelma pada hari Minggunya. Tentu saja hal tersebut sangat mengejutkan dan relatif janggal.

Pasalnya, selama ini pemirsa sering dapati hal sebaliknya, proses eliminasi sabuah ajang pencarian bakat seperti “diperlama” tatkala performa rating-nya bagus. Maka itu, bisa diartikan pula performa rating yang mengecewakan adalah faktor utama dipercepatnya proses eliminasi para peserta JMCI 2022.

Rating Icil dan JMCI Mengecewakan
Rating Icil dan JMCI Mengecewakan (Instagram)

Memang performa rating Junior Masterchef Indonesia 2022 terbilang mengecewakan. Mengutip laporan rating yang diunggah akun Instagram informasi pertelevisian @dunia_tv baru-baru ini, Junior Masterchef Indonesia 3 selama dua minggu terakhir selalu terlempar dari peringkat 10 besar tangga rating.

Sekadar diketahui, JMCI 3 episode Sabtu kemarin yang mengeliminasi tiga peserta meraih TVR (rating) 1,9 dan TVS (share) 12,5. Sedangkan pada hari Minggunya yang terdapat eliminasi dua peserta bukukan rating/share 1,8/13,1. Akhir pekan nanti JMCI 2022 menginjak babak 4 besar atau “semi finalnya”.

Baca juga:

Empat peserta yang bakal memperebutkan babak final JMCI 3 adalah Regan, Kenneth, Christian, dan Candice. Junior Masterchef Indonesia 3 sendiri mulai menayangkan bapak utama galeri sejak Sabtu, 9 Juli 2022, dimana seminggu sebelumnya, 2 Juli 2022 adalah fase babak boot camp (pra-galeri).

Meski rating-nya tidak semoncer musim-musim sebelumnya, deretan pengisi acara Junior Masterchef Indonesia 3 sebenarnya relatif tidak berubah. Arnold Poernomo dan Rinrin Marinka yanghadir di dua musim lalu jadi juri lagi di JMCI 3. Sementara Juna Rorimpandey hadir gantikan Bara Pattiradjawane.

Menurunnya rating Junior Masterchef Indonesia 3 menyamai nasib Idola Cilik (Icil) 2022 yang kini juga tayang di RCTI. Icil yang telah memasuki musim keenam itu tak sanggup samai prestasi seperti musim-musim lalu. Bahkan performa rating-nya boleh dibilang lebih memprihatinkan dibanding JMCI 3.

Melihat jebloknya performa rating Junior Masterchef Indonesia 3 dan Idola Cilik 6, tak mengagetikan bila RCTI ke depannya tidak menghadirkan lagi dua talent show tersebut. Bisa jadi juga JMCI dan Icil ke depannya hanya akan break lama, dimana bakal dihadirkan kembali setelah 4—6 tahun ke depan.

Junior Masterchef Indonesia 3 dan Idola Cilik 6 sendiri baru hadir kembali tahun 2022 ini setelah absen lama. JMCI musim terakhir (season 2) tayang tahun 2015, sementara season terakhir Icil 2016. Sayang comeback-nya mereka tidak mendapat sambutan hangat seperti musim-musim pendahulunya.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan