Kematian Sofia (Rara Nawangsih) Ibu Andin Ikatan Cinta Plot Hole?

Oleh: - 15 September 2021  |

Instagram

Rara Nawangsih di Ikatan Cinta RCTI
Rara Nawangsih di Ikatan Cinta RCTI (rctiplus.com)

Pemain baru dihadirkan sinetron Ikatan Cinta RCTI sejak episode 430 yang tayang Jumat, 10 September 2021. Kali ini, aktris cantik “spesialis FTV” Rara Nawangsih yang mendapatkan peran anyar sebagai Sofia, ibu kandung tokoh utama Andin (Amanda Manopo).

Sofia sendiri boleh dibilang tokoh “baru tapi lama” di sinetron Ikatan Cinta. Pasalnya, karakter Sofia dulu sudah pernah dihadirkan pada flashback singkat kisah masa lalu perselingkuhan Papa Surya (Surya Saputra) di belakang Mama Sarah (Natasha Dewanti).

Pada episode 431 yang tayang Sabtu, diceritakan Andin penasaran tentang Sofia lalu menanyakannya kembali pada Surya. Surya kemudian bercerita tentang Sofia yang seperti menegaskan lagi bahwa dia bukan pelakor lantaran awalnya tak tahu Surya telah beristri.

Baca juga:

Ketika status Surya terbongkar, tentu saja Sofia kecewa dan murka. Hal itu juga membuat kecewa adik kesayangan Sofia, Tama (Dede Satria). Sofia yang sedang hamil lalu mengajak Tama pergi naik sepeda motor dari rumah yang selama ini ditinggalinya bersama Surya.

Sungguh nahas, sehari setelah Sofia dan Tama pergi, Surya mendengar kabar keduanya telah meninggal dunia. “Itu terakhir kali papa ketemu sama mama kamu dan Tama. Sehari setelah itu papa dapat kabar kalau tama dan mama kamu meninggal,” kata Surya pada Andin.

Meski Papa Surya di situ tidak menyebut secara lugas penyebab kematian Sofia dan Tama, namun bila melihat konteks kepergian mereka sehari sebelumnya yang mengendarai motor, bisa diartikan keduanya meninggal karena alami kecelakaan lalu lintas.

Papa Surya Ikatan Cinta Poligami
Papa Surya Ikatan Cinta Poligami (rctiplus.com)

Ditelaah lebih lanjut, cerita tentang Sofia yang diutarakan Surya kepada Andin di episode 431 itu memang tidak sinkron alias “ngaco” ketika dibandingkan cerita flashback Sofia oleh Papa Surya pada Andin juga di episode 46 yang tayang 20 November 2021 silam.

Pada episode 46 dikisahkan Surya coba menguatkan hati Andin agar tak menceraikan Aldebaran (Arya Saloka) dengan bercerita masa lalu antara dirinya, Sarah, dan Sofia. Kala itu Surya menyebut Sofia menghembuskan nafas terakhirnya sesaat setelah Andin lahir.

“Mama kamu melahirkan bayi kecil yang lucu sekali. Tapi dia tidak selamat dalam proses melahirkan bayi kecil lucu itu. Papa dan Mama Sarah akhirnya memutuskan untuk merawat si bayi mungil itu dan mencintainya dengan sepenuh hati kami. Bayi kecil itu kamu, sayang,” kata Surya.

Bila kematian Sofia terjadi karena kecelakaan bersama adik kandungnya seperti yang diindikasikan pada episode 431, lantas kapan Andin dilahirkan olehnya? Apakah setelah kecelakaan maut tersebut Andin tiba-tiba lahir di jalan begitu saja, kemudian dirawat Surya dan Sarah?

Selain penyebab kematian yang tidak sinkron, momen terbongkarnya status Surya yang diam-diam poligami juga berbeda. Pada flashback di episode 431 diperlihatkan Sarah tahu suaminya menikah lagi ketika siang hari kemudian dia pergi menggunakan mobilnya.

Sementara episode 46 diperlihatkan terbongkarnya status poligami Surya oleh Sarah terjadi malam hari di sebuah taman. Menimbang jarak episode 46 dan 431 yang relatif jauh, boleh jadi tim penulis cerita Ikatan Cinta memang lakukan kesalahan hingga terjadi plot hole.

Bila benar adanya ketidaktelitian dari tim penulis, relatif disayangkan mengingat Ikatan Cinta adalah sinetron yang boleh dibilang paling fenomenal dalam dua dekade ini. Sebelumnya Ikatan Cinta juga sempat dinilai cacat logika hingga dikritik Menkopolhukam Mahfud MD.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan