Konflik Hanin Dhiya dan Payung Teduh soal Lagu Akad Berakhir Damai

Oleh: - 23 Oktober 2017  |

Instagram

Hanin Dhiya
Hanin Dhiya (Instagram)

Nama Hanin Dhiya beberapa bulan belakangan mendadak beken di dunia maya setelah video-video cover lagu yang dia unggah di akun Youtube-nya disambut hangat oleh warganet. Sayang, di tengah kepopuler yang terus meroket, Hanin dikabarkan terlibat konflik kecil dengan band Payung Teduh.

Konflik itu mencuat tatkala Istiqomah alias Is vokali Payung Teduh mengunggah video peringatan bagi para musisi-musisi Yotube yang mengkomersialkan lagu Akad lewat versi cover mereka. Konon, peringatan itu ditujukan Is pada Hanin yang video cover lagu Akad-nya telah ditonton lebih dari 40 juta kali.

Dalam bincang-bincang dengan media belum lama ini, Hanin mengatakan konflik antara dirinya dan Payung Teduh sudah berakhir damai. Kepada wartawan, Hanin menyebut sang ayah sudah bertemu langsung dengan manajamen Payung teduh.

Baca juga:

“Pertemuan berlangsung di Bogor. Pertemuan itu dimediasi oleh teman ayah yang juga mengenal manajemen Payung Teduh,” ungkap Hanin seperti dikutip dari Tabloidbintang.com, Senin, 23 Oktober 2017.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Payung Teduh mengonfirmasi izin bagi Hanin untuk meng-cover lagu Akad. “Mereka menyatakan tidak apa-apa bikin cover lagu Payung Teduh. Yang menjadi masalah, ketika lagu cover itu dikomersilkan tanpa izin,” terang Hanin.

Berbicara tentang polemik cover lagu, Hanin sendiri meyakini cover lagu tidak sepenuhnya memerlukan izin dari pemilik asli lagunya. “Kalau mesti izin ke yang punya lagu, saya percaya jumlah cover lagu di YouTube tidak akan sebanyak sekarang. Soal izin dan bagi hasil, YouTube sudah menyediakan jalan,” ujarnya.

Terlebih lagi, lanjut Hanin, media-media tempat musisi mengunggah karya covernya sudah mengakomodasi hak musisi pemilik karya asli. “Kalau pencipta lagu asli ingin mengambil haknya, harus punya identitas konten, dan setahu saya bisa klaim. Kalau lagu cover, biasanya dibagi dua,” terangnya.

Konflik kecil yang terjadi antara dirinya dengan Payung teduh tidak membuat Hanin shock, dia tetap semangat untuk terus menelurkan karya-karya cover lagu. Bahkan, Hanin berencana akan secara ruting mengunggah karya cover baru setiap dua minggu sekali.

“Tidak ada target. Mengunggah lagu cover sesuai suasana hati saja. Namun karena banyak yang minta, saya putuskan dua minggu sekali mengunggah lagu cover (jika memungkinkan)” pungkasnya.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan