KPI Hentikan Sinetron Zahra Indosiar, Istri Impian Pengganti?

Oleh: - 6 Juni 2021  |

Instagram

Sinetron Zahra di Indosiar
Sinetron Zahra di Indosiar (Youtube)

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya resmi menghentikan sementara penayangan sinetron Mega Series Suara Hati Istri: Zahra di Indosiar. Dihentikannya penayangan sinetron Zahra diumumkan KPI melalui website resmi mereka pada Jumat, 4 Juni 2021.

Penghentian penayangan sinetron Zahra resmi berlaku pada Sabtu, 5 Juni 2021 kemarin. Pada hari tersebut, slot tayang Indosiar pukul 18.30 WIB yang biasanya dihuni Zahra telah diganti dengan program FTV Terjebak Permainan Wanita Yang Pintar Bersandiwara.

Keputusan penghentian sementara sinetron Zahra itu diambil setelah pada Kamis, 3 Juni 2021 KPI mengadakan pertemuan dengan pihak Indosiar dan Mega Kreasi Film selaku rumah produksi yang menggarap Mega Series Suara Hati Istri: Zahra.

Baca juga:

KPI meminta adanya evaluasi secara menyeluruh terhadap sinetron Zahra, tidak sekadar mengganti bintang utamanya. Seperti diketahui, posisi Lea Ciarachel sebagai pemeran tokoh utama Zahra kini telah resmi digantikan oleh Hanna Kirana.

Sinetron Zahra Indosiar Dihentikan KPI
Sinetron Zahra Indosiar Dihentikan KPI (kpi.go.id)

Evaluasi menyeluruh itu, kata Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, seperti perubahan jalan cerita agar bisa sesuai dengan klasifikasi program siaran yang telah ditentukan. Sinetron Zahra sendiri diklasifikasikan sebagai program remaja (R).

Sebelumnya, Zahra dinilai para penonton telah melanggar klasifikasi program remaja dengan hadirkan cerita gadis SMA yang harus menjalani kehidupan poligami. Zahra yang kala itu masih dimainkan Lea diceritakan dipoligami oleh ayah dari teman sekolahnya.

KPI sendiri mengaku mendapat banyak pengaduan dari masyarakat pemirsa televisi terhadap sinetron Zahra. Aduan yang sering diterima antara lain protes kehadiran Lea sebagai bintang utama yang saat ini masih berusia 15 tahun serta adegan-adegan kekerasan.

“Keberatan publik yang disampaikan ke KPI juga terkait muatan cerita yang sarat dengan kekerasan dalam rumah tangga dan romantisme suami istri yang berlebihan. Sehingga, jika dikaitkan dengan pemeran utama yang masih 15 tahun, tentu berpotensi melanggar hak-hak anak,” tulis KPI.

Istri Impian Pengganti Zahra Indosiar?
Istri Impian Pengganti Zahra Indosiar? (Instagram)

Rumor yang beredar mengatakan sinetron Zahra bakal tayang kembali tak hanya dengan cerita baru, namun juga judul yang anyar. Akun Instagram dunia pertelevisian @indotvtrends menyebut Zahra versi baru yang berjudul Istri Impian akan hadir mulai Senin, 7 Juni 2021 besok.

Namun begitu, @indotvtrends juga menyebut jadwal penayangan sinetron Istri Impian itu bisa saja berubah sewaktu-waktu. “#ZahraReborn2: #IstriImpian #VerySoon Hanya di #indosiar (Jadwal Bisa Berubah Sewaktu-waktu),” tulis @indotvtrends pada caption-nya.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan