KPI Tegur ANTV Karena Kebanyakan Serial India dan Drama Turki

Oleh: - 31 Januari 2021  |

Instagram

Drama Turki Cansu dan Hazal ANTV
Drama Turki Cansu dan Hazal ANTV (Youtube)

Rabu, 27 Januari 2021, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) berikan teguran tertulis pada ANTV terkait program-program asing. Program-program asing ANTV seperti animasi manca, drama Turki, dan serial India telah melebihi batasan durasi yang ditentukan UU Penyiaran.

Sebagaimana diwartakan di situs website resmi KPI (kpi.go.id), ANTV disebut telah langgar UU No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran yang menyatakan durasi siaran untuk mata acara asing secara keseluruhan maksimum hanya 40% dari waktu siaran dalam sehari.

“Tim analisis kami memantau seluruh aktivitas siaran di lembaga penyiaran 24 jam penuh termasuk durasi program siaran asing. Dari catatan mereka, siaran asing ANTV telah melewati batas maksimum,” kata Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo.

Baca juga:

“Isi siaran dari jasa penyiaran televisi yang diselenggarakan oleh lembaga penyiaran swasta dan lembaga penyiaran publik wajib memuat sekurang-kurangnya 60% (enam puluh per seratus) mata acara yang berasal dari dalam negeri,” lanjut Mulyo Hadi Purnomo.

KPI Berikan Sanksi Teguran ke ANTV
KPI Berikan Sanksi Teguran ke ANTV (kpi.go.id)

Sebelum sanksi teguran tertulis itu diberikan KPI, pihak ANTV telah dimintai klarifikasinya terkait hal tersebut. Dalam kesempatan itu ANTV berkilah bahwa program manca kebanyakan lantaran produksi program lokal terhambat usai pandemi Corona (Covid-19).

KPI sendiri bisa memahami alasan yang diberikan ANTV walau teguran terhadap mereka tetap dijatuhkan. KPI meyakini produksi program atau tayangan lokal saat pandemi Covid-19 bisa tetap berjalan seperti di stasiun-stasiun TV lain yang selama ini baik-baik saja.

“Kami memahami alasan yang disampaikan ANTV, tapi aturan harus kami tegakkan. Pasti banyak cara agar siaran asing tidak mendominasi layar kaca mereka dan hal ini bisa dilakukan Lembaga penyiaran lainnya meskipun mereka mengalami kesulitan yang sama,” pungkasnya.

ANTV kini memang kembali memenuhi daftar acara dengan program-program impor. Ambil contoh jadwal acara mereka pada hari ini, Minggu, 31 Januari 2021. Dari dini hari dimulai dengan duo serial Turki Cansu & Hazal (02.00 WIB) dan Cinta Azize (02.45 WIB)

Serial India dan Drama Turki ANTV
Serial India dan Drama Turki ANTV (Instagram)

Memasuki waktu subuh dilanjutkan dengan duo serial animasi karya para animator asal India yaitu ViR: The Robot Boy (05.00 WIB) dan Little Krishna (06.00 WIB). Agak pagian diteruskan Masha and the Bear (08.00 WIB), serial kartun asal Russia.

Jelas siang sampai tengah malam sederet program India dihadirkan ANTV untuk para pemirsanya, mulai dari Chandranandini (09.30 WIB), Uttaran (11.00 WIB), Kulfi (15.00 WIB), Nazar (17.00 WIB), Radha Krishna (20.00 WIB), hingga Naagin 2 (22.00 WIB).

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan