KPI Tegur RTV, Ultraman, Power Rangers, dan BoBoiBoy Terancam?

Oleh: - 28 Februari 2021  |

Instagram

Ultraman Cosmos Tayang di RTV
Ultraman Cosmos Tayang di RTV (Youtube)

Masih ingat dengan berita kami beberapa hari lalu tentang ANTV yang ditegur KPI lantaran terlalu banyak menayangkan program asing seperti serial India dan drama Turki? ANTV kini tak sendiri, baru-baru ini giliran RTV yang mendapat teguran serupa dariKPI.

Teguran tertulis dari KPI untuk RTV itu dilayangkan pada Kamis, 11 Februari 2021 silam sebagaimana diwartakan di situs website resmi KPI (kpi.go.id), Selasa, 23 Februari 2021. RTV dinilai telah langgar Undang-Undang No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran.

Dalam UU penyiaran tersebut disyaratkan bahwa durasi siaran untuk mata acara asing secara keseluruhan maksimum hanya 40% dari waktu siaran dalam sehari. Sementara program-program asing yang tayang di RTV telah melewati dari batas yang telah ditentukan tersebut.

Baca juga:

Fakta pelanggaran RTV itu didapati Komisi Penyiaran Indonesia setelah melakukan pemantauan dari tangga 1 hingga 14 Januari 2021. “Dari pantauan itu, ditemukan siaran asing RTV telah melewati batas maksimum,” kata Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo.

“Kapatuhan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di antaranya UU Penyiaran dan P3SPS KPI terkait penyiaran asing harus dijalankan. Aturan itu telah menetapkan porsi setiap program acara, baik asing maupun lokal,” lanjut Mulyo Hadi Purnomo.

Bila ANTV yang sebelumnya mendapat teguran dari KPI daftar acarannya kebanyakan serial India dan drama Turki, untuk RTV acara mereka selama ini didominasi program-program manca untuk segmen penonton anak-anak, mulai dari animasi hingga superhero.

RTV Ditegur KPI Soal Program Asing
RTV Ditegur KPI Soal Program Asing (kpi.go.id)

Beberapa program superhero alias pahlawan super yang kini masih tayang di RTV antara lain Power Rangers Megaforce dan Ultraman Cosmos. Adapun untuk serial animasinya seperti Pokemon Sun and Moon, Beyblade Burst, dan yang paling anyar, BoBoiBoy Galaxy.

Ada juga serial Journey To The West alias Kera Sakti versi 2011 asal China yang juga ditayangkan RTV sejak akhir tahun 2020 silam. Dari pantauan Popmagz.com di akun Instagram RTV juga terungkap beberapa program asing lain siap ditayangkan RTV.

Program-program asing yang diunggah RTV di Instagram dengan label “Segera Tayang” itu sperti Turning Mecard Bbasha, Transformers Cyberverse, dan Victor yang merupakan serial superhero asal Filipina yang mengadaptasi mitologi Thor.

Tentu menarik untuk ditunggu, langkap apa yang akan dilakukan RTV. Apakah mereka akan hentikan beberapa program asing yang telah tayang? Atau malah tidak jadi menayangkan acara-acara dari manca yang telah mereka promokan di media sosial?

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan