Makam Olga Syahputra Bercahaya, Mbah Mijan: Qorin dan Idhofi Menyatu

Written by on Mei 04, 2015 -

Intstagram LinkInstagram

Paranormal Mbah MijanParanormal Mbah Mijan / mbahmijan.com

Beberapa warga sekitar makam Olga Syahputra di TPU Malaka, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, beberapa hari ini mengaku melihat cahaya di makam Olga. Kabar itu pun kemudian tersebar di media sosial dan membuat orang bertanya-tanya akan kebenaran kabar tersebut.

Mbah Mijan, salah satu paranormal kondang ibu kota turut memberikan komentarnya atas fenomena cahaya di makam Olga Syahputra. Menurut Mbah Mijan, fenomena makam Olga bercahaya bisa dilihat dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang ilmiah dan sudut pandang kejawen.

Bila dari sudut pandang ilmiah, cahaya di makam Olga bisa jadi muncul karena adanya zat fosfor bumi yang lazim ada di tanah-tanah makam. “Kalau dari sisi ilmiah karena pengaruh zat fosfor bumi,” kata Mbah Mijan seperti dikutip dari Okezone.com, Senin, 4 Mei 2015.

Sedangkan bila dari sudut pandang kejawen, makam Olga bercahaya lantaran roh pendamping (qorin) telah menyatu dengan roh utama (idhofi). Teori atau kepercayaan menyatunya qorin dan idhofi itu, menurut Mbah Mijan, masih sangat diyakini oleh masyarakat di Jawa.

“Sedangkan dari ilmu Kejawen atau yang tak kasat mata, ada dua fenomena tentang kuburan bercahaya. Jika cahayanya cuma sekali, itu pertanda bahwa qorin (pendamping manusia) sudah menyatu dengan roh idhofi (roh pokok). Dalam kepercayaan Jawa, hal itu masih sangat diyakini” terangnya.

Adapun soal pengakuan beberapa orang yang melihat cahaya di makam Olga secara berulang-ulang, Mbah Mijan melihat itu bisa terjadi lantaran kebaikan Olga semasa masih hidup dulu.”Bisa jadi karena kebaikannya semasa hidup. Tuhan memberikan berkahnya tanpa memandang siapa umatnya. Bila berkehendak, bisa ke siapa saja,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply

Back to top ↑