MotoGP dan WSBK di Trans7: Honda Sponsor Gantikan Yamaha?

Oleh: - 5 Januari 2022  |

Instagram

Toprak Razgatlioglu di Mandalika
Toprak Razgatlioglu di Mandalika (Kumparan.com)

Kabar menggembirakan datang untuk pencinta MotoGP dan WSBK tanah air. Dua ajang balapan paling bergengsi di dunia itu bakal tayang di Trans7 untuk musim terbarunya tahun 2022 ini. Informasi tersebut dikonfirmasi Direktur Produksi Trans7, Andi Chairil di media sosial.

Awalnya, seorang warganet di Twitter dengan akun @HillPratama unggah tangkapan layar Trans7 ketika mempromosikan diri sebagai official broadcaster MotoGP dan WSBK. Dalam caption-nya, @HillPratama menulis WSBK yang akan tayang hanya seri Indonesia (Mandalika).

“CONFIRMED! TRANS7 resmi mendapatkan hak siar FTA untuk WSBK khusus GP Mandalika 2022! CC: @sporttiaphari @48bolaID @WorldSBK,” tulis @HillPratama, Sabtu, 1 Januari 2022. Pernyataan @HillPratama itu kemudian mendapat klarifikasi dari Andi.

Andi memastikan bahwa Trans7 mendapatkan hak siar seluruh seri MotoGP dan WSBK, tidak hanya seri Mandalika untuk WSBK-nya. “Baik MGP maupun SBK untuk seluruh serie. Tak hanya sebatas Serie Mandalika saja,” ujar Andi melalui akun Twitternya, @andi_chairil.

Ada beberapa hal menarik yang patut jadi perhatian kita ketika nanti MotoGP dan WSBK musim 2022 ditayangkan oleh Trans7. Pertama adalah adanya potensi bentrok jadwal, dimana gelaran beberapa seri MotoGP berlangsung pada tanggal yang sama dengan WSBK.

Potensi seri bentrok itu ada di MotoGP CoTA dengan WSBK Aragon pada 10 April 2022, MotoGP Algarve dengan WSBK Assen di 24 April, MotoGP Motegi dengan WSBK Barcelona pada 25 September 2022, dan MotoGP Sepang dengan WSBK San Juan Vilicium di 23 September 2021.

Baca juga:

MotoGP dan WSBK Tayang di Trans7
MotoGP dan WSBK Tayang di Trans7 (Twitter)

Potensi bentrok jadwal paling mungkin terjadi adalah pada MotoGP Algarve dengan WSBK Assen di 24 April. Pasalnya, MotoGP Algarve yang berlangsung di Portugal zona waktunya GMT+0 atau hanya selisih satu jam saja dengan WSBK Assen di Belanda (GMT+1).

Hal menarik berikutnya yang layak jadi perhatian adalah produsen otomotif mana yang bakal jadi sponsor utama MotoGP dan WSBK di Trans7. Seperti diketahui, kontrak kerja sama Yamaha dengan Trans7 sebagai sponsor utama program MotoGP berakhir pada 2021 lalu.

Rumor yang mengemuka menyebut Honda akan mengambil peluang itu untuk masuk menjadi sponsor utama MotoGP dan WSBK di Trans7 gantikan Yamaha. Namun begitu, tidak sedikit pula warganet pemerhati dunia balap yang menyangsikan hal itu akan terjadi.

Trans7 dan Yamaha boleh dibilang “kawan lama” sejak awal MotoGP tayang di Indonesia pada 2002 silam, ketika Trans7 masih bernama TV7. Trans7 disebut-sebut akan selalu menjaga nilai historis itu dengan memprioritaskan Yamaha ketika akan perpanjang kontrak sponsorship.

Kami sendiri meprediksi Yamaha bakal memperpanjang kontrak dengan Trans7 serta jadi sponsor perdana WSBK. Sebuah langkah yang jitu bila benar itu terjadi, mengingat juara MotoGP dan WSBK saat ini, Fabio Quartararo dan Toprak Razgatiouglu adalah pembalap Yamaha.

Tak seperti MotoGP yang sudah hampir 20 tahun ditayangkan Trans7, WSBK sendiri relatif jarang hadir di stasiun televisi lokal. Paling baru adalah pada 20-21 November 2021 silam, ketika NET bekerja sama dengan Mola TV tayangkan seri pamungkas WSBK di Mandalika.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan