Orang Ketiga SCTV Ditegur KPI Terkait Aborsi dan Kata Kotor

Written by on Jun 05, 2018 -

Intstagram LinkInstagram

Marshanda dan Rionaldo Stokhorst di Orang Ketiga
Marshanda dan Rionaldo Stokhorst di Orang Ketiga (Vidio.com)

Tidak banyak diberitakan media serta tak tersebar di media sosial, sinetron populer Orang Ketiga (OK3) SCTV rupanya telah mendapat teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia pada 14 Mei 2018 silam. OK3 mendapat teguran KPI dengan nomor surat 302/K/KPI/31.2/05/2018.

Sinetron Orang Ketiga yang tayang pada 18 April 2018 silam disebut KPI telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012, sehingga layak diberikan teguran tertulis.

“KPI Pusat telah menemukan pelanggaran pada Program Siaran “Orang Ketiga” yang ditayangkan oleh stasiun SCTV pada tanggal 15 April 2018 pukul 23.17 WIB,” tulis KPI dalam surat tegurannya sebagaimana dikutip dari laman web resminya, kpi.go.id, Selasa, 5 Juni 2018.

Baca juga:

Setidaknya ada dua adegan di OK3 yang dinilai KPI telah melanggar P3 dan SPS. Pertama adalah kata-kata kotor yang terlontar ketika adegan pertengkaran. “Program siaran tersebut menampilkan adegan seorang pria dan wanita yang sedang bertengkar dengan berkata “Bajingan”,” kata KPI.

Orang Ketiga Ditegur KPI
Orang Ketiga Ditegur KPI

Sementara adegan yang kedua adalah saat seorang wanita hamil dibawa ke bidan untuk digugurkan kandungannya alias Aborsi. Adegan tersebut dinilai KPI telah melecehkan profesi Bidan karena ada kesan bahwa para bidan bisa melakukan aborsi dengan begitu mudah.

“Selain itu, pada tanggal 18 April 2018 pukul 22.11 WIB menampilkan adegan seorang wanita yang dibawa ke Bidan untuk melakukan aborsi. Berdasarkan pengaduan masyarakat yang kami terima, hal ini dianggap telah memberikan citra/stigma negatif terhadap profesi bidan,” lanjutnya.

Dalam penutup surat tegurannya, KPI meminta SCTV selaku stasiun televisi yang menayangkan sinetron Orang Ketiga untuk menjadikan P3 dan SPS sebagai acuan dalam menayangkan program-programnya.

“Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar surat sanksi administratif Teguran Tertulis ini diperhatikan dan dipatuhi. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih,” pungkasnya.

Seperti telah disebut di muka, Orang Ketiga merupakan salah satu sinetron populer di tanah air. Sejak tayang perdana pada 15 Januari 2018 silam, rating Orang Ketiga sangat memuaskan, stabil di papan atas.

Related Posts.

Tinggalkan Balasan