Penyanyi Tulus Tidak Bisa Main Alat Musik, Begini Caranya Menulis Lagu

Written by on Mei 04, 2016 - Twitter Email
Penyanyi TulusTulus / Instagram

Advertisements

Muhammad Tulus, atau yang akrab disapa Tulus saja, boleh dibilang jadi salah satu penyanyi papan atas tanah air saat ini. Lagu-lagunya seperti Jangan Cintai Aku Apa Adanya atau Gajah begitu digandrungi penikmat musik tanah air. Dia juga beberapa kali mendapat penghargaan dari dalam maupun luar negeri.

Melihat pencapaian karir bermusiknya saat ini, siapa sangka jika Tulus ternyata tidak bisa bermain alat musik. Orang-orang pun bertanya, Tulus selama ini juga dikenal sebagai penulis lagu, bagaimana dia bisa menulis lagu kalau tidak bisa bermain alat musik?

Tulus mengaku punya cara tersendiri dalam menulis lagu-lagunya yang indah itu. Cara yang dia pakai hanya mengandalkan kemampuan otak dalam mengingat nada. “Saya pakai bank nada. Setiap orang kan punya memori kolektif, tapi beda-beda. Kebetulan ketertarikan saya sama nada,” kata Tulus di kawasan Sudirman, belum lama ini.

Advertisements

Cara tersebut membuat tulus lebih leluasa/bebas dalam mengeksplor melodi yang akan dia rangkai dengan lirik lagunya. Tulus bisa bebes mengeksplor nada karena dia tidak terkekang dengan progresi chord, hal yang lazim ditemui pada penulis lagu yang biasa menentukan progresi chord di awal menulis lagu.

“Jadi kalau saya nulis lagu, apa yang ada di otak saya rangkai dengan lirik dan nada, jadilah lagu,” terang tulus, dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 4 April 2016.

Soal alat musik, Tulis pernah beberapa kali belajar alat musik, mulai dari gitar hingga piano. Namun dia berhenti belajar alat musik setelah sadar bakatnya bukan di alat musik. “Saya pernah belajar main gitar, tapi kata guru gitar, saya enggak punya bakat. Main piano kata guru les saya enggak bisa juga. Jadi saya nyanyi aja deh,” tutupnya.

Advertisements

Related Post

Berikan Komentar

Back to top ↑