Serial India Porus: Cerita Raja Puru Hadapi Aleksander Agung

Oleh: - 13 Agustus 2018  |

Instagram

Rohit Purohit (Aleksander) dan Laksh Lalwani (Porus)
Rohit Purohit/Aleksander dan Laksh Lalwani/Porus (Youtube)

Serial kolosal India Porus akan tayang perdana di ANTV pada hari ini, Senin,13 Agustus 2018. Porus boleh dibilang bukan serial kolosal biasa. Pasalnya, Porus diklaim sebagai serial dengan biaya produksi termahal dalam sejarah pertelevisian India.

Proses produksi serial yang tayang di Sony Entertainment Television India itu menelan biaya hingga 500 crores rupee atau 80 juta dolar US, bila dirupiahkan menjadi 1,17 triliun rupiah. Angka bujet luar biasa besar yang lazimnya hanya ada pada produksi sebuah film.

Porus digarap oleh rumah produksi yang cukup beken di India, Swastik Productions milik Siddharth Kumar Tewary. Swastik Productions adalah PH yang sama dengan yang memproduksi serial Mahabharata (2013), Shani (2016), dan Mahakali (2017)

Baca juga:

Cerita Porus berlatar belakang Battle of the Hydaspes atau Pertempuran Sungai Hydaspes (326 SM). Battle of the Hydaspes adalah perang besar terakhir yang dilakoni Aleksander Agung, raja Kekaisaran Makedonia atau sering disebut juga dengan Yunani Kuno.

Battle of the Hydaspes
Battle of the Hydaspes (directart.co.uk)

Pada perang tersebut, Aleksander berhadapan dengan Raja Puru (Purushottam/Porus) yang membawahi kerajaan Paurawa di India. Sebagaimana tersurat pada judulnya, ploting utama serial ini lebih condong ke sosok Porus yang diperankan Laksh Lalwani ketimbang Aleksander (Rohit Purohit).

Sosok Raja Puru sendiri memang layak diangkat sebagai tokoh utama serial ini. Dia adalah salah satu lawan yang begitu dihormati Aleksander. Bahkan Aleksander mengangkatnya sebagai salah satu satrap (Gubernur) di kerajaannya.

Serial ini juga memunculkan tokoh sejarah yang tidak kalah populer dari Aleksander dan Porus, yakni Kaisar Darius III dari Persia. Darius III merupakan raja terakhir Kekaisaran Achaemenid Persia yang dikalahkan Aleksander pada Battle of Gaugamela (331 BC).

Menariknya, aktor yang memerankan Darius III dijamin tidak asing lagi bagi para penggemar serial India tanah air. Adalah Praneet Bhat “Sangkuni” di Mahabharata, aktor yang memerankan Darius III.

Selain Laksh Lalwani, Rohit Purohitm dan Praneet Bhat, serial ini menghadirkan bintang-bintang besar India lain seperti Rati Pandey, Aditya Redij, Suhani Dhanki, Sameksha, Aparna Dixit, dan Aman Dhaliwal.

Seperti telah disebut di muka, Porus akan tayang perdana hari ini. ANTV memberikan slot tayang pukul 17.30 WIB, relatif potensial untuk meraing rating tinggi. Apakah Porus akan bisa sukses di tangga rating acara televisi Indonesia?

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan