Putri untuk Pangeran Tamat, Nyerah Lawan Love Story The Series?

Oleh: - 26 Maret 2022  |

Instagram

Episode Terakhir Putri untuk Pangeran
Episode Terakhir Putri untuk Pangeran (Youtube)

Hampir dua tahunan menemani pemirsa RCTI, sinetron Putri untuk Pangeran (PUPA) akhiri masa penayangannya pada Jumat, 25 Maret 2022 kemarin. Sinetron yang dibintangi Verrel Bramasta dan Ranty Maria itu tamat dengan jumlah episode yang terbilang banyak, yaitu 687 atau hampir 700-an.

Rumor yang beredar di media sosial menyebut ditamatkannya Putri untuk Pangeran dilakukan RCTI lantaran performa rating sinetron tersebut yang terus menurun. Sinetron PUPA memang tak sekuat beberapa bulan silam rating-nya, khususnya setelah pindah ke slot tayang sore hari pukul 17.30 WIB.

Pada jam tayang barunya itu Putri untuk Pangeran head to head dengan Love Story The Series (LSTS), sinetron unggulan SCTV. Sempat ungguli LSTS pada awal-awal pindah jam tayang, namun belakangan PUPA lebih sering kalah. Tak heran bila RCTI pada akhirnya memilih untuk akhiri penayangannya.

Mengutip laporan rating yang diunggah akun Instagram @indotv_official, episode terakhir Putri untuk Pangeran catatkan raihan TVR (rating) sebesar 1,4 dan TVS (share) yang sangat mengecewakan karena hanya satu digit, 9. Sebagai pembanding, LSTV pada hari yang sama raih share 15,8.

Rating Episode Terakhir PUPA
Rating Episode Terakhir PUPA (Instagram)

Sebenarnya tak terlalu mengejutkan juga mendapati performa rating Putri untuk Pangeran buruk di slot tayang sore. Pasalnya, saat rating PUPA bagus di slot tayang prime time dulu, banyak pemirsa yang menyebut hal itu terjadi lantaran “kecipratan” atau ngedompleng rating sinetron Ikatan Cinta.

Baca juga:

Memang sudah seperti sebuah keniscayaan program-program yang tayang berurutan dengan Ikatan Cinta, baik sebelum atau sesudahnya, selalu moncer rating-nya. Performa jeblok Putri untuk Pangeran setelah tak tayang berurutan lagi dengan sinetron Ikatan Cinta seperti mengamini hal tersebut.

Sebelum tamat kemarin, PUPA juga sudah sering diisukan tamat, bahkan sejak awal-awal tayang pada 2020 silam. Kami sendiri melihat PUPA terbilang mirip dengan Dari Jendela SMP (DJS), sinetron SCTV yang kerap juga diisukan tamat sebelum akhiri masa penayangannya pada akhir Februari lalu.

Sama seperti PUPA, DJS juga sempat pindah ke jam tayang baru sebelum tamat. Menariknya lagi, kedua sinetron itu pun tayang perdana relatif berdekatan waktunya, PUPA pada 15 Juni 2020, sementara DJS 29 Juni 2020. Jadi tamatnya PUPA setelah dua tahun penayangan seperti janjian dengan DJS.

Putri untuk Pangeran merupakan sinetron yang pastinya sangat berkesan bagi Verrel sang pemeran utama (PU). Bagaimana tidak, Verrel yang dulu sempat dijuluki “biang gatot” lantaran sinetron-sinetron yang dia bintangi sebelumnya tak bertahan lama, perlahan lepas dari image tersebut berkat PUPA.

Beberapa sinetron Verrel yang terbilang gagal itu seperti Jilbab In Love RCTI (2014), 7 Manusia Harimau New Generation RCTI (2016), dan Anak Sekolahan SCTV (2017). Siapa Takut Jatuh Cinta SCTV (2017) sinetron “tersukses” Verrel pun sering disebut moncer karena faktor Natasha Wilona, lawan mainnya.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan