Rating Aku Bukan Wanita Pilihan Bagus, Ikatan Cinta Terancam?

Oleh: - 23 Februari 2022  |

Instagram

Jonas Rivanno dan Nasya Marcella
Jonas Rivanno dan Nasya Marcella (Youtube)

Mengagumkan! kata itu tepat untuk gambarkan pencapaian sinetron anyar RCTI, Aku Bukan Wanita Pilihan (ABWP), di tangga rating. Hanya butuh empat hari penayangan saja bagi sinetron yang dibintangi Nasya Marcella itu untuk catatkan angka TVS (rating) sangat tinggi, 7,1.

Tak hanya itu, TVS (share) ABWP episode empat yang tayang pada Minggu, 20 Februari 2022 kemarin pun tak kalah menawan, di angka 28,4. Rating tembus tujuh dan share hampir 30 adalah sebuah prestasi mengagumkan untuk sinetron yang belum genap seminggu tayang.

Namun begitu, capaian ABWP ini juga tidak terlalu mengejutkan. ABWP sejak awal tayang sudah diprediksi banyak pemirsa televisi bakal bisa torehkan prestasi membanggakan di tangga rating berbekal jam tayang “super ideal” yang diberikan RCTI pada sinetron tersebut.

ABWP tayang di slot super prime time pukul 19.30 WIB yang sebelumnya ditempati sinetron “raja ratingIkatan Cinta. Tak mengherankan jika sejak perdana tayang pada Kamis, 17 Februari 2022 silam sinetron itu sudah raih hasil memuaskan di tangga rating dengan TVR/TVS 6,3/26.

Memang sempat alami sedikit penurunan pada episode kedua dan ketiganya, yaitu turun ke angka rating/share 5,8/23,3 pada Jumat, 18 Februari 2022 dan 5,4/22,8 di Sabtu, 19 Februari 2022. Aku Bukan Wanita Pilihan berhasil “rebound” lewat episode empat seperti telah kami tulis.

Sinetron Raja Rating Ikatan Cinta
Sinetron Raja Rating Ikatan Cinta (Youtube)

Pada hari Minggu tersebut, Ikatan Cinta yang kini tayang lebih malam tepat setelah Aku Bukan Wanita Pilihan masih tempati peringkat satu tangga rating. Namun raihan rating dan share Ikatan Cinta alami penurunan, tak lagi raih dua digit TVR, tepatnya meraih 9 dengan share 39.

Baca juga:

Bila tren penurunan rating Ikatan Cinta usai jam tayangnya tergusur Aku Bukan Wanita Pilihan terus berlanjut, bukan tidak mungkin nantinya akan tersalip ABWP. Ikatan Cinta sendiri meski bergelar penguasa tangga rating, episode awal-awalnya dulu tidak seperkasa ABWP.

Episode perdana mereka yang tayang pada 19 Oktober 2020 silam hanya raih rating 3,7 dan share 13,7. Semingguan lebih tayang Ikatan Cinta baru menarik perhatian pemirsa, namun juga tidak langsung TVR tujuh atau share mendekati 30 persen seperti sinetron ABWP.

Memasuki awal November 2020, Ikatan Cinta baru konsisten di TVR tujuh koma. Salah satu pencapaiannya yang mungkin diingat banyak orang adalah saat rating/share 7,9/30,4 Ikatan Cinta di 10 November 2020 kala itu jadi yang tertinggi selama tiga tahun terakhir.

Sejak November 2020 itu performa rating Ikatan Cinta makin menggila hingga memecahkan banyak rekor-rekor rating sinetron lain, mulai dari Anak Jalanan RCTI, Putri yang Ditukar RCTI, Cinta Fitri SCTV, Rahasia Ilahi TPI, hingga puncak rating tertingginya di angka 15,8 pada 5 Juli 2021.

Berkat moncernya Ikatan Cinta itu pula yang membuat slot tayang prime time RCTI sangat kuat. Program-program dari raksasa marketplace seperti Tokopedia dan Shopee yang sempat “meminjam” slot tayang Ikatan Cinta beberapa kali berhasil raih rating tinggi pula, di angka 5-7.

Kini “karpet merah” slot tayang prime time RCTI itu diberikan pada Aku Bukan Wanita Pilihan hingga rating-nya bisa tinggi meski baru awal-awal tayang. Apakah tim produksi dan segenap pemain serta kru ABWP bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk jadi raja rating baru?

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan