Rating Berkah Cinta dan Anak Sekolahan SCTV Dikalahkan Doraemon RCTI

Oleh: - 14 Maret 2017  |

Instagram

Doraemon
Doraemon (Pinterest)

Fenomena menarik dan juga menggelitik terjadi di kancah persaingan rating acara TV tanah air baru-baru ini. Fenomena itu adalah kalahnya beberapa sinetron populer oleh acara “kartun Minggu pagi”.

Adalah Doraemon, serial animasi yang berhasi mempecundangi beberapa sinetron beken. Dalam laporan rating untuk hari Minggu, 12 Maret 2017 lalu, Doraemon berhasil menembus lima besar dengan menduduki peringkat empat.

Serial animasi asal Jepang yang sudah puluhan tahun tayang di RCTI itu memperoleh TVR (rating) 3,6 dan TVS (share) 18,8 persen. Tepat di bawahnya atau peringkat lima ada sinetron Berkah Cinta SCTV dengan TVR sama, 3,6, namun TVS-nya hanya 18,8.

Baca juga:

Dua sinetron unggulan RCTI lainnya, Tukang Ojek Pengkolan dan Cinta dari Surga, berturut-turut berada di peringkat enam dan tujuh dengan rating/share masing-masing 3,6/18.1 dan 3,2/17,1 persen.

Lebih parah lagi, sinetron yang belakangan ini sedang naik daun, Anak Sekolahan SCTV, pada hari tersebut malah terlempar ke peringkat 10 dengan rating 2,6 dan share hanya 15,5 persen saja.

Untuk posisi tiga besar, hari itu diduduki oleh Dunia Terbalik RCTI (5.5/22.0), lalu Piala Presiden: Pusamania Vs Arema di Indosiar dengan rating 4,8 dan share 20,6, kemudian Anak Langit SCTV (4,1/16,8).

Bertenggernya Doraemon di peringkat empat membuat kaget banyak orang. Mereka tak menyangka Doraemon bisa bersaing dengan sinetron-sinetron populer SinemArt dan MNC Pictures seperti Anak Langit, Berkah Cinta, dan Dunia Terbalik.

“Doraemon gila no 4,” tulis pengguna Instagram dengan username @t_oziel46. “Doraemon ngapain disitu,” ujar @t.o.o.o.p. “Doraemon rating 4, ini Bukti kalau suatu program tv masuk rating 5 besar Itu bukan hanya di prime time tapi 24 jam,” kata @hafizhms21.

Ada pula netizen yang secara tersira menyebut prestasi RCTI dengan Doraemon-nya jauh lebih membanggakan daripada ANTV dengan serial India-nya. “doraemon no4, harusnya tv tuh bersaing nayangin kartun, bukan india, wkwk,” tulis @fadelaztamurri.

Sementara itu, salah satu fans Anak Sekolahan santai menyikapi turunnya rating sinetron favoritnya. Menurutnya, Anak Sekolahan memang rawan naik-turun karena di jam tayangnya digempur habis-habisan oleh serial India ANTV.

“Adiku sk doraemon. ttp smngat ya nonton AS rating AS kadang naik turun,udh.nggak kaget lg cz jam tayang di gempur sm india,emak” pd nonton smua. Keajaiban pasti dtg lg..,” kata @_bigboss_girls.

 

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan