Rating Buruk, Jam Tayang Dari Jendela SMP Ditukar Suster El

Oleh: - 3 Februari 2022  |

Instagram

Sinetron Dari Jendela-SMP SCTV
Sinetron Dari Jendela-SMP SCTV (Youtube)

Pergantian atau pertukaran jam tayang program sinetron sepertinya sedang marak di beberapa stasiun televisi tanah air. Senin, 31 Januari 2022 kemarin, setidaknya ada dua stasiun TV yang melakukan pergantian jam tayang sinetron andalan mereka, yakni ANTV dan SCTV.

Sebagaiman telah Popmagz.com beritakan, ANTV telah menukar jam tayang sinetron anyar Menolak Talak dengan Terpaksa Menikahi Tuan Muda (TMTM). Sementara SCTV di hari yang sama tukar jam penayangan Dari Jendela SMP (DJS) dengan sinetron anyar juga, Suster El.

Sinetron DJS yang biasanya hadir pada pukul 15.30 WIB sekarang tayang siang jam 14.00 WIB atau bertukar posisi dengan Suster El. Dari Jendela SMP sendiri memang beberapa kali pindah jam tayang, namun tergusur ke slot “sesiang” itu adalah kali pertama terjadi.

Pertukaran jam tayang itu pun bak musibah bagi Dari Jendela SMP dan anugerah untuk Suster El. Pasalnya, sudah jadi rahasia umum bahwa slot tayang makin sore atau mendekati prime time lebih ideal lantaran berpotensi mendulang penonton lebih banyak.

Sebenarnya tak terlalu mengherankan juga ketika SCTV berikan “hadiah” jam tayang baru yang lebih ideal pada Suster El. Performa rating sinetron yang hadirkan Adinda Azani sebagai bintang utama itu terbilang lumayan sejak awal tayang pada Januari 2022 silam.

Mengutip laporan rating yang diunggah akun Instagram @indotv_official baru-baru ini, Suster El catatkan TVR (rating) 1,6 dan TVS (share) 14 pada hari Kamis, 27 Januari 2022 lalu. Sementara pada hari yang sama sinetron DJS hanya sanggup raih rating 1,2 dan share 11,5.

Baca juga:

Suster El SCTV Pindah Jam Tayang
Suster El SCTV Pindah Jam Tayang (Instagram)

Dengan fakta rating seperti di atas, SCTV tentunya ingin semakin mendongkrak performa Suster El di jam tayang yang lebih ideal. Apakah hasilnya berbuah manis? Bila melihat laporan rating pada hari Senin dan Selasa kemarin, hasilnya relatif masih belum terlalu kentara.

Suster El pada hari pertama penayangannya di slot tayang baru malah turun dengan TVR/TVS 1,2/11,8. Suster El alami sedikit kenaikan pada hari Selasanya dengan rating 1,3 dan share 11,5. Meski turun, pencapaian Suster El masih terbilang mendingan ketimbang DJS.

DJS pada hari Senin kemarin semakin merosot performanya dengan TVR 1 dan TVS 9,5. Bahkan sehari setelahnya semakin memprihatinkan lantaran share anjlok di angka 8,5, meski rating tetap raih 1. Melihat tren rating-nya, para penggemar DJS patus was-was juga.

Meski dikenal sebagai program yang “dianakemaskan” SCTV lantaran kerap selamat dari rumor tamat, boleh jadi ke depan Dewi Fortuna tidak akan menaungi mereka lagi. Terlebih lagi, isu-isu tamat yang berhasil dilalui DJS selama ini adalah saat mereka masih tayang sore.

Sementara sekarang, sebagaimana telah kami sampaikan di muka, DJS huni jam tayang siang pukul 14.00 WIB yang sering juga disebut sebagai slot “buangan”. Tidak sedikit program yang dipindah ke slot siang seperti itu kemudian makin menurun rating-nya lalu “bungkus”.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan