Rating Cinta Mulia Gagal Tempel Ikatan Cinta, Tapi Lima Besar

Oleh: - 15 Desember 2020  |

Instagram

Sinetron Cinta Mulia SCTV
Sinetron Cinta Mulia SCTV (Youtube)

Tayang dengan durasi panjang tiga jam, episode perdana sinetron Cinta Mulia SCTV gagal torehkan prestasi yang membanggakan di tangga rating. Cinta Mulia pada hari Senin, 14 Desember 2020 kemarin harus puas menempati peringkat empat.

Walau masuk lima besar, capaian TVR (rating) dan TVS (share) Cinta Mulia terbilang biasa saja, yakni 2,9 dan 10,7. Angka tersebut jauh lebih rendah dibanding capaian episode perdana Dia Bukan Manusia (DBM), sinetron yang digantikan Cinta Mulia.

Episode perdana Dia Bukan Manusia yang tayang pada 23 November 2020 silam raih rating 4 dan share 14,3. Sekadar diketahui, SCTV kala itu juga berikan durasi tayang “istimewa” selama tiga jam pada episode perdana sinetron yang dibintangi Dylan Carr tersebut.

Baca juga:

Sayangnya Dia Bukan Manusia tidak bisa konsisten meraih rating dan share yang memuaskan. Raihan TVR dan TVS Dia Bukan Manusia terus memburuk tergerus prestasi gemilang Ikatan Cinta, sinetron dari RCTI yang tayang bersamaan atau head-to-head dengan DBM.

DBM pun akhirnya ditamatkan, kemudian SCTV hadirkan Cinta Mulia sebagai pesaing baru Ikatan Cinta. Sinetron Ikatan Cinta sendiri pada hari Senin tetap perkasa rajai tangga rating dengan angka rating/share super tinggi seperti biasanya, yakni 11/38.

Peringkat runner-up di bawah Ikatan Cinta ada program unggulan RCTI lainnya, yaitu sinetron Putri untuk Pangeran yang meraih TVR 3,3 dan TVS 15,1. Sementara peringkat tiga atau tepat di atas Cinta Mulia ditempati Indonesian Idol 2020 RCTI (3,5/21,6).

Rating Sinetron Cinta Mulia SCTV
Rating Sinetron Cinta Mulia SCTV (Instagram)

Kegagalan Cinta Mulia menempel Ikatan Cinta atau sekadar masuk tiga besar relatif mengejutkan. Pasalnya, sebelum tayang Cinta Mulia sempat digadang-gadang bakal jadi lawan yang sepadan Ikatan Cinta lantaran faktor bintang utamanya, Michelle Ziudith.

Iya, Michelle Ziudith sempat diprediksi jadi daya tarik tersendiri sinetron Cinta Mulia. Pasalnya, Ziudith selama ini dikenal sebagai bintang film sukses. Sudah jadi keyakinan umum bahwa kualitas akting aktor/aktris layar lebar lebih mumpuni dibanding bintang sinetron.

Bukan kali pertama sinetron Sinemart di SCTV yang hadirkan bintang layar lebar namun kurang bisa bersaing di tangga rating. Pada tahun 2017 silam sinetron Boy yang dibintangi Prisia Nasution juga tak bisa berbuat banyak di tangga rating hingga episodenya pun pendek.

Mungkin juga terlalu dini Cinta Mulia dengan Michelle Ziudith-nya dibilang gagal. Tak menutup kemungkinan performa rating Cinta Mulia akan berkebalikan dengan DBM, yakni menguat di episode-episode selanjutnya atau pertengahan. Mari kita lihat saja!

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan