Rating Ikatan Cinta 10,1, Rekor 12,6 Cinta Fitri Terancam Pecah?

Oleh: - 24 November 2020  |

Instagram

Ikatan Cinta RCTI
Ikatan Cinta RCTI (Youtube)

Lagi dan lagi, sinetron Ikatan Cinta yang tayang di RCTI kembali pecahkan rekor rating. Minggu, 22 November 2020, Ikatan Cinta meraih TVR (rating) 10,1 dan TVS (share) 35,9, memecahkan rekor rating/share 9,4/33 yang mereka raih pada Rabu, 18 November 2020.

Performa rating Ikatan Cinta itu juga kemungkinan jadi pendokrak rating/share program lain RCTI yang tayang tepat sebelum dan sesudahnya, yakni ajang pencarian bakat memasak Masterchef Indonesia season 7 (MCI 7) dan sinetron Amanah Wali 4.

Pada hari tersebut, MCI 7 berada di peringkat runner-up dengan TVR/TVS 5/26 dan Amanah Wali 4 di peringkat tiga dengan share 20,5 persen. Rating 10,1 yang diraih Ikatan Cinta juga jadi rekor rating tertinggi sebuah sinetron dalam lima tahun terakhir.

Baca juga:

Pihak-pihak yang terlibat dalam sinetron Ikatan Cinta pun menanggapi positif keberhasilan Ikatan Cinta memecahkan rekor demi rekor. Arya Saloka pemeran Aldebaran atau Al di Ikatan Cinta sangat bersyukur sinetron yang ia bintangi tembus TVR 10,1.

“Alhamdulillah senang menjadi nomor satu karena memang tidak mudah. Tetapi semoga ketika berada di atas kita tidak sombong, lupa diri, bisa tetap mempertahankan dan bisa memberikan yang lebih baik lagi,” kata Arya seperti dikutip dari iNews.id, Rabu, 24 November 2020.

Arya Saloka dan Amanda Manopo
Arya Saloka dan Amanda Manopo (Youtube)

“Perolehan rating 10.1 ini adalah pencapaian tertinggi program sinetron selama lima tahun terakhir di televisi Indonesia. Berbagai kalangan usia mulai dari remaja, dewasa, sampai ibu-ibu saat ini tengah ramai membicarakan Sinetron Ikatan Cinta,” ungkap Direktur Program dan Akuisisi RCTI Dini Putri.

Dini juga berharap sinetron Ikatan Cinta ke depannya tetap bisa konsisten memberikan tontonan yang menghibur bagi para pemirsa setia RCTI. “Harapannya program ini bisa selalu menghibur dan tetap menjadi program drama terfavorit di Indonesia,” harap Dini.

Selain jadi sinetron dengan rating terdahsyat dalam lima tahun terakhir, pencapaian TVR 10,1 sinetron Ikatan Cinta juga hampir memecahkan rekor rating Anak Jalanan, sinetron fenomenal lain RCTI yang pada masa jayanya sempat menyentuh rating/share 10,8/44,6.

Kami memprediksi pecahnya rekor sinetron Anak Jalanan oleh Ikatan Cinta tinggal menunggu hari. Bahkan tidak menutup kemungkinan Ikatan Cinta nanti akan jauh lampaui capaian Anak Jalanan bila melihat fakta cerita sinetron tersebut belum sampai puncaknya.

Progres naiknya rating Ikatan Cinta juga terbilang cepat. Tayang perdana pada 19 Oktober 2020, Ikatan Cinta sentuh TVR 7,9 di 10 November 2020. Kemudian naik 8,4 pada 17 November 2020. Lalu seperti di muka kami ungkapkan, menembus rating 9,4 sehari setelahnya.

Cinta Fitri SCTV Season 3
Cinta Fitri SCTV Season 3 (Facebook)

Rekor sinetron stripping (harian) dengan rating tertinggi masih dipegang Cinta Fitri Season 3 SCTV. Sinetron yang dibintangi Shireen Sungkar itu raih rating 12,6 dan share 39,2 pada 12 April 2009 silam yang merupakan episode pamungkas Cinta Fitri musim tersebut.

Sinetron lain yang hampir pecahkan rekor tersebut adalah Putri yang Ditukar (PYD) RCTI pada 5 Januari 2011 dengan TVR/TVS 12,4/43,9. Mampukah Ikatan Cinta pecahkan rekor Cinta Fitri atau sekadar bergabung dalam jajaran “sinetron rating 12 koma”?

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan