Rating Layangan Putus RCTI Bagus, “Kecipratan” Ikatan Cinta?

Oleh: - 10 Februari 2022  |

Instagram

Reza Rahadian dan Putri Marino di Layangan Putus
Reza Rahadian dan Putri Marino di Layangan Putus (Youtube)

Tidak mengejutkan! Frasa itu sepertinya sangat pas untuk gambarkan performa rating episode perdana serial Layangan Putus yang tayang di RCTI pada Rabu, 9 Oktober 2022 kemarin. Pada hari tersebut, Layangan Putus berhasil tempati peringkat tiga tangga rating.

Mengutip laporan rating yang diunggah Tabloidbintang.com, Kamis, 10 Oktober 2022, Layangan Putus berada di posisi tiga dengan raihan TVR (rating) 4 dan TVS (share) 18,2. Share di atas 15 seperti yang diraih Layangan Putus memang sebuah prestasi yang membanggakan.

Pencapaian Layangan Putus itu hanya kalah dari duo sinetron RCTI yang kini sedang rajai tangga rating, yaitu Ikatan Cinta dan Amanah Wali 5. Pada hari tersebut, Ikatan Cinta catatkan rating/share 11/42,1 dan Amanah Wali 5 meraih TVR 4,5 dengan TVS sebesar 29,2.

Capaian bagus yang diraih Layangan Putus di tangga rating itu sudah banyak diprediksi oleh banyak orang. Pasalnya, slot tayang pukul 18.30 WIB atau tepat sebelum Ikatan Cinta yang ditempati Layangan Putus sangat potensial untuk mendulang banyak penonton.

Namun begitu, penayangan Layangan Putus sayangnya juga membuat sinetron RCTI lainnya, Putri untuk Pangeran (PUPA), terlempar dari 20 besar tangga rating. PUPA yang jam tayangnya tergusur Layangan Putus sejak kemarin tayang sore hari pukul 17.00 WIB.

Pada jam tayang barunya, sinetron yang dibintangi Verrel Bramasta itu hanya mampu bukukan rating 1,6 dan share 10,2. Sama seperti performa menawan rating Layangan Putus yang sudah diprediksi banyak orang, anjloknya PUPA pun sebenarnya tidak terlalu mengejutkan.

Performa rating Putri untuk Pangeran yang selama beberapa bulan belakangan relatif bagus sering dibilang terjadi lantaran tayang berurutan dengan Ikatan Cinta. Dengan kata lain, Ikatan Cinta yang lama rajai tangga rating disebut-sebut turut “mengatrol” rating PUPA.

Baca juga:

Sinetron Ikatan Cinta di RCTI
Sinetron Ikatan Cinta di RCTI (Youtube)

Dengan logika yang sama, apakah bisa diartikan rating Layangan Putus moncer juga karena “kecipratan” Ikatan Cinta? Bisa iya, bisa juga tidak. Kami sendiri condong ke pendapat pertama, performa menawan Layangan Putus bagus lebih dominan karena terkatrol Ikatan Cinta.

Meski sempat turun raihan rating-nya pada November 2021 silam, Ikatan Cinta kini berhasil bangkit lagi dengan catatkan rating hampir selalu di atas 10 serta share di atas 40. Contoh paling anyar sebagaimana telah kami tulis di muka, raihan rating/share 11/42,1 hari Rabu.

Rating di atas 10 dan share di atas 40 sendiri merupakan angka yang sangat tinggi dan fenomenal. Dengan capaian rating/share sebesar itu, adalah hal normal saja bila sebuah program yang tayang tepat sebelumnya bisa meraih angka setengah atau sepertiganya.

Tapi hal itu bukan berarti Layangan Putus tidak bisa sama sekali gaet penonton mereka sendiri. Sebagai referensi, ketika masih tayang di WeTV belum lama ini, serial yang dibintangi Reza Rahadian dan Putri Marino itu beberapa kali rajai trending topic di media sosial.

Dengan modal kepopuleran di media sosial ditambah dengan jam tayang “pemberian” RCTI yang sangat potensial karena berada tepat sebelum Ikatan Cinta, rating Layangan Putus pun seperti yang telah kami ungkap di muka, sangat memuaskan nangkring di peringkat tiga.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan