Rating Legend of the Blue Sea Indosiar Bagus, Faktor Dubbing?

Oleh: - 30 Mei 2020  |

Instagram

Drakor Legend of the Blue Sea Indosiar
Drakor Legend of the Blue Sea Indosiar (Youtube)

Drama Korea (drakor) Legend of the Blue Sea (LOTBS) yang kini tayang di Indosiar disambut hangat pemirsa TV. Mengutip data rating yang diunggah akun Instagram @indotvtrends, tiga episode perdana LOTBS raih performa rating gemilang.

Pada episode perdananya yang tayang pada Selasa, 26 Mei 2020, Legend of the Blue Sea meraih TVR (rating) 2,2 dan TVS (share) 11,4. Drakor LOTBS mengalami kenaikan rating pada episode kedua, dengan mendapatkan rating/share 2,9/14,0.

Hal serupa terjadi sehari berselang atau memasuki episode ketiga yang tayang Kamis, 28 Mei 2020. Pada hari tersebut, drakor yang dibintangi Jun Ji Hyun dan Lee Min Ho itu menembus angka TVR 3,1 dan TVS hampir menyentuh 15, tepatnya 14,6.

Baca juga:

Bahkan bila melihat bocoran peringkat rating di postingan Twitter Panditio Rayendra—warganet yang dikenal kerap mengunggah informasi A1 terkait rating dan dunia TV—LOTBS pada episode kedua yang tayang 27 Mei 2020 berada di peringkat tujuh.

Ia juga memprediksi peringkat LOTBS pada hari Kamis kemungkinan naik bila melihat fakta TVR naik dari 2,9 ke 3,1. Selain itu, pemilik akun Twitter @SINETR0N itu membocorkan LOTBS pada episode kedua kalahkan The World of the Married (TWOTM) Trans TV.

Rating Legend of the Blue Sea Masuk 10 Besar
Rating Legend of the Blue Sea Masuk 10 Besar (Twitter)

Pada hari tersebut, drakor “fenomenal” The World of the Married yang lebih dulu tayang di Trans TV hanya memperoleh TVR 1,8. Dia menyebut keberhasilan LOTBS kalahkan TWOTM berkat faktor penonton setia Indosiar dan alih suara atau dubbing.

Sekadar diketahui, Indosiar dalam beberapa tahun belakangan memang lebih mapan atau berprestasi di tangga rating dibanding Trans TV. Indosiar juga memilih untuk menayangkan LOTBS dengan dubbing, tak seperti TWOTM yang pakai subtitle.

Kami sendiri sepakat dengan pernyataan Panditio tersebut, khususnya pada poin dubbing. Sebagaimana telah kami tulis tahun 2019 silam, bila dilihat dari kacamata rating atau potensi di tangga rating, drakor ber-dubbing lazimnya lebih potensial.

Melihat performa rating drama Korea Legend of the Blue Sea yang begitu membanggakan. Prediksi kami Indosiar tidak akan berhenti hanya di Legend of the Blue Sea. Indosiar pasti ke depan bakal hadirkan drakor lagi usai LOTBS tamat.

Terlebih lagi, Indosiar memang dikenal punya sejarah panjang dalam menayangkan drama Korea di Indonesia. Sekadar diketahui, Indosiar merupakan stasiun televisi pertama di tanah air yang hadirkan drama Korea medio 2000an silam.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan