Rating Sinetron Saur Sepuh SCTV Buruk, Lima Besar Saja Tidak Masuk

Oleh: - 15 Agustus 2017  |

Instagram

Samuel Zylgwyn dan Cut Meyriska di Saur Sepuh SCTV
Samuel Zylgwyn dan Cut Meyriska (Instagram)

Ngenes dan mengejutkan, itulah ungkapan tepat untuk menggambarkan performa rating episode perdana sinetron kolosal Saur Sepuh The Series yang tayang di SCTV pada Senin, 14 Agustus 2017 kemarin.

Bagaimana tidak, rating episode perdana sinetron yang digadang-gadang bakal mampu mengakhiri dominasi Dunia Terbalik RCTI itu malah melempem. Jangankan bersaing di papan atas, menembus lima besar saja Saur Sepuh tidak sanggup.

Dari data estimasi rating yang dibocorkan akun Twitter @SINETR0N, Saur Sepuh hanya meraih TVR (rating) 2,9 dan TVS (share) 12, angka rating/share yang sangat rendah untuk ukuran sinetron ber-budget tinggi seperti Saur Sepuh.

Baca juga:

Pada hari tersebut, puncak rating masih ditempati sang raja rating yang sudah lama bertahta, Dunia Terbalik RCTI. Sinetron yang dibintangi Agus Kuncoro itu mantap memuncaki rating dengan TVR 5,9 dan TVS 25,7.

Adapun untuk posisi dua ditempati sinetron terbaru Ricky Harun, Cantik Cantik Kucing Dapur ANTV. Memperoleh rating 4,1 dan share 16,3, Cantik Cantik Kucing Dapur berhasil mengungguli Cahaya Hati RCTI yang harus puas di peringkat tiga dengan TVR 4 dan TVS 17,1.

Rating Saur Sepuh SCTV Buruk
Rating Saur Sepuh SCTV Buruk

Tentu saja performa rating perdana Saur Sepuh itu sangat mengejutkan. Seperti telah diungkap di muka, biaya produksi sinetron tersebut tidaklah sedikit. Saur Sepuh adalah salah satu proyek sinetron terbesar yang pernah diproduksi SinemArt.

David Suwarto, Deputy Director Programming SCTV, beberapa waktu lalu menyebut Saur Sepuh menelan biaya produksi lima kali lipat dibanding sinetron biasa. “Budget untuk sinetron ini 5 kali lipat dari sinetron biasa,” ungkap David kala itu.

Selain biaya produksi yang fantastis, Saur Sepuh juga merupakan sinetron yang dipersiapkan SinemArt dan SCTV dengan sangat matang. Sekadar untuk persiapan syuting dan launching, para pemain beserta kru harus menunggu hampir setahun lamanya.

Pencapaian Saur Sepuh ini jauh lebih buruk dibanding episode perdana Anak Langit yang tayang 20 Februari 2017 dan Boy pada 17 April 2017 silam. Kala itu, Anak Langit dan Boy sempat mengkudeta Dunia Terbalik dari puncak rating, walau hanya untuk beberapa episode awal.

Berita Terkait.

4 Komentar

  1. bramakumbara
    16 Agustus 2017 @ 21:07:48

    gimana ratingnya ga jeblok, jauh dari harapan penonton, kyknya casting pemainnya terkesan asal bintang baru dan modal tampang doang, gerakan silat pemain aslinya kurang greget, lemot bin letoy, trus bahasanya jg terlalu sinetron lebay, penggunaan kata2 “saya, kamu” ga banget deh, bikin rusak suasana adegan kolosal dan silat, pemeran mantilinya kaku, gaya dan bahasanya kyk robot ;p

    Reply

  2. yandrico
    23 Agustus 2017 @ 06:55:46

    Seharusnya cerita saur sepuhnya di mulai dari kisah brama kumbara kecil yg tinggal di desa mnuntut ilmu dan berjuang merebut kerajaan madangkara seperti yg prnah di buat TPI ..ini gak masa brama kumbaranya udah jadi raja aja..
    Ini ada saran buat sinemart..gmna klau sinemart buat sinetron catatan si boy the series .pasti bsa tu merajai rating..pas bnget tu yg jdi si boynya steven wiliams

    Reply

  3. pecinta silat
    15 September 2017 @ 22:14:27

    Gmn ga jeblok…smua kaku…pertm nonton aj ga ada greget…kyk ga smangat. Silatnya jg elek..kaku kostum jg ga menarik.jln crita jg ga bgs

    Reply

  4. asnap tulung agung
    22 September 2017 @ 18:29:51

    akir² ini film kolosal tidak pernah sukses.. hanya ngesessdzzx….. dari yg nmanya tutur tinular 2011, pedang naga puspa, sampai saur sepuh,.. dak bisa buat penonton gtegett..!!!!. seperti garapan GENTA BUANA

    Reply

Tinggalkan Balasan