Roda-Roda Gila dan Garis Cinta Segera Tamat Karena Rating Buruk?

Oleh: - 10 Juni 2022  |

Instagram

Junior Roberts dan Callista Arum
Junior Roberts dan Callista Arum (Youtube)

Belum genap sebulan tayang, nasib sinetron Roda-Roda Gila (RRG) dan Garis Cinta (GC) dikabarkan sudah di ujung tanduk. SCTV telah mempertimbangkan tamatkan kedua sinetron itu bila performa rating-nya tak kunjung membaik. SCTV disebut-sebut sudah surati tim produksi sinetron GC dan RRG terkait hal tersebut.

Mengutip unggahan Instagram Stories @sinemart.dramaseries yang merupakan akun fan base sinetron Sinemart pada Kamis, 9 Juni 2022, SCTV disebut tidak puas dengan performa TVS (share) Garis Cinta dan Roda-Roda Gila. Share dua sinetron itu memang belakangan ini menurun, jarang tembus 15 persen atau lebih.

“ANNOUNCEMENT. FYI, dari surat edar yang di dapat pada hari Rabu, 8 Juni 2022, Sinetron Garis Cinta dan Roda-Roda Gila terkena warning/peringatan dari pihak kantor atas kurangnya raihan daily audience rating yang tidak sesuai dengan target pasar SCTV!,” tulis @sinemart.dramaseries di Instagram Stories mereka.

@sinemart.dramaseries imbau para penonton RRG dan GC untuk tetap setia menyaksikan sinetron favoritnya itu. “Jadi selagi tayang semuanya nonton ya, sayang loh keduanya mempunyai cerita yang sangat bagus untuk diminati. SEMANGAT OM @AKBAR_ BHAKTI SERTA ALL CAST #RODARODAGILA & #GARISCINTA,” tutupnya.

Garis Cinta dan Roda-Roda Gila Tamat?
Garis Cinta dan Roda-Roda Gila Tamat? (Instagram)

Hampir bersamaan dengan beredarnya kabar RRG dan GC dapat peringatan dari SCTV, beberapa akun Instagram informasi pertelevisian seperti @ikidalimunthe dan @muhammad97imam mengunggah sebuah postingan bocoran tentang ketatnya standar rating yang dibebankan SCTV pada sinetron-sinetron mereka.

Baca juga:

“… SCTV tetapkan “Jika Sinetron Dalam Kurun Waktu 2 Minggu Share Dibawah Angka 15% terpaksa harus di Cut/Selesai dan Berlaku di semua tayangan”! Sebenernya peraturan ini sudah ada sejak zaman nya Opa Leo Sutanto dan kembali di berlakukan Sekarang,” tulis @ikidalimunthe awali unggahannya di Instagram.

“Ketentuan Lainnya Jika Sinetron Tersebut sudah lebih dari 100 Episode dan Share masih naik turun dianggap masih ada pertimbangan dan bisa naik. Jika Sinetron Tersebut kurang dari 50 Episode dan Share tak kunjung naik dianggap Tidak Stabil! … just info ya, agar kalian lebih semangat nonton nya,” katanya.

Apakah sinetron Roda-Roda Gila dan Garis Cinta mendapat peringatan dari SCTV juga karena syarat share threshold 15% tersebut? Bisa jadi benar. Namun begitu, kami menilai agak kurang fair bila benar seperti itu. Pasalnya, Roda-Roda Gila dan Garis Cinta bukanlah sinetron yang tayang pada jam prime time.

Garis Cinta yang dibintangi Dannia Salsabilla merupakan penghuni slot tayang siang hari SCTV pukul 14.00 WIB. Sementara Roda-Roda Gila yang hadirkan Junior Roberts dan Callista Arum sebagai pemeran utama tayang pukul 15.30 WIB. Kedua sinetron tersebut tayang perdana di SCTV sejak 16 Mei 2022 silam.

Slot tayang prime time SCTV sendiri kini diisi oleh sinetron-sinetron unggulan mereka seperti Love Story The Series (LSTS) pada pukul 17.00 WIB, Cinta Setelah Cinta (CSC) jam 19.00 WIB, dan Buku Harian Seorang Istri (BHSI) pukul 21.00 WIB. Tayang di slot potensial, performa rating LSTS, CSC, dan BHSI pun moncer.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan