Ruqyah Trans7 Ditegur KPI, Adegan Kesurupan Dinilai Tak Baik

Oleh: - 5 Januari 2020  |

Instagram

Ustaz Muhammad Zunaidi di Ruqyah Trans7
Ustaz Muhammad Zunaidi di Ruqyah Trans7 (Youtube)

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) berikan teguran untuk kedua kalinya pada program religi Ruqyah Trans7. Ruqyah mendapat teguran lagi karena telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012.

Dalam teguran yang juga dimuat di situs resminya, KPI menyebut program Ruqyah yang berklasifikasi SU (Semua Umur) dan R (Remaja) tidak seharusnya menayangkan adegan kesurupan dan kerasukan secara terang-terangan.

“Kedapatan menayangkan adegan kesurupan, baik seorang pria maupun wanita dengan berbagai macam reaksi yaitu menangis, guling-guling, tertawa terbahak-bahak, berkokok menyerupai ayam dan berteriak histeris,” tulis KPI di situs resminya.

Baca juga:

Adegan-adegan yang dimaksudkan KPI tayang pada Ruqyah episode 5, 6, 12, 13, 26, 27 Oktober 2019 dan 2 November 2019. Adengan seperti itu dinilai Komisioner KPI Pusat Mimah Susanti bakal berpengaruh buruk bagi anak-anak dan remaja.

Ruqyah Trans7 Ditegur KPI Lagi
Ruqyah Trans7 Ditegur KPI Lagi (Instagram)

“Adegan tersebut dinilai tidak pantas bagi anak dan remaja karena memberi pengaruh yang tak baik bagi mereka selain juga hal itu melanggar aturan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran KPI tahun 2012 tentang ketentuan klasifikasi umur,” kata Mimah.

Lebih lanjut Mimah menyebut salah satu pasal Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) melarang program berklasifikasi “R” menggiring remaja untuk percaya pada hal-hal yang berbau paranormal, klenik, atau mistis.

“Karenanya, dalam Pasal 37 Ayat (4) huruf b SPS, program siaran yang berklasifikasi R dilarang menampilkan muatan yang mendorong remaja percaya pada kekuatan paranormal, klenik, praktek spiritual magis, supranatural, dan/atau mistik,” lanjut Mimah.

Ruqyah sendiri adalah salah satu program unggulan Trans7 di akhir pekan, mengisi slot tayang 06.00 WIB. Ruqyah dipandu oleh beberapa ustaz yang memang terkenal piawai dalam bidang ruqyah, seperti Ustaz Muhammad Faizar dan Muhammad Zunaidi.

Teguran KPI sendiri bila dilihat secara obyektif bakal membuat tim produksi Ruqyah bingung. Adegan kesurupan boleh dibilang adalah sajian utama di Ruqyah. Bila hal tersebut tidak boleh diperlihatkan, lantas apa yang akan ditayangkan oleh program Ruqyah?

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan