Sinetron Berkah Cinta SCTV Terlalu Banyak Duel, Diperingatkan KPI

Written by on Apr 20, 2017 -

Intstagram LinkInstagram

Donny Michael dan Giorgino Abraham / Instagram

Salah satu sinetron unggulan SCTV, Berkah Cinta, baru-baru ini mendapatkan peringatan tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Episode Berkah Cinta yang tayang pada 27 Maret 2017 silam dinilai KPI telah melanggar pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS).

Berkah Cinta yang ditayangkan oleh stasiun SCTV pada tanggal 27 Maret 2017 pukul 21.05 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan remaja dan penggolongan program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS),” tulis KPI di situs resminya.

Pada episode tersebut, KPI mendapati terlalu banyak adegan perkelahian fisik atau duel antar tokohnya, dimana hal itu melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang perlindungan remaja dan penggolongan program siaran.

“Program tersebut menayangkan adegan perkelahian secara intens. KPI Pusat menilai hal ini berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012,” lanjut KPI dalam surat peringatan bernomor 192/K/KPI/31.2/04/2017 tersebut.

Tidak hanya itu, KPI juga menyebut pelanggaran serupa sudah sering dilakukan sinetron Berkah Cinta pada episode yang tayang sejak 11 Maret hingga 25 Maret 2017. SCTV dihimbau KPI agar kedepannya lebih berhati-hati lagi dalam menayangkan Berkah Cinta.

“Ke depan, saudara diharapkan lebih berhati-hati dalam menyajikan sebuah program siaran dan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar surat peringatan ini menjadi perhatian saudara,” tutup surat tersebut.

Sebagai sinetron bergenre drama keluarga, Berkah Cinta sejak awal tayang sebenarnya lebih cocok disebut sinetron laga. Pasalnya, dari hari ke hari adegan perkelahian jadi menu utama di sinetron tersebut, khususnya perkelahian tokoh Tama yang diperankan Donny Michael.

Related Posts.

Leave a Reply

Back to top ↑