Sinetron Jiran ‘Titi Kamal’ Tayang di ANTV, Dulu Dikritik MUI

Oleh: - 21 Juni 2021  |

Instagram

Didi Riyadi dan Titi Kamal di Jiran
Didi Riyadi dan Titi Kamal di Jiran (Youtube)

ANTV kembali hadirkan sinetron lawas untuk mengisi slot tayang pagi hari mereka. Sinetron lawas berjudul Jiran mulai tayang di ANTV pada hari ini, Senin, 21 Juni 2021. Tayang pukul 08.00 WIB, Jiran resmi gantikan Bidadari, sinetron lawas lain yang tayang ulang sejak akhir Mei silam.

“Jiran bersama Pendi, suaminya dan anak mereka hidup serba susah di kampung, hingga suaminya membuat Jiran menikah kontrak dengan Sultan kerajaan Malaysia demi mendapatkan uang 100 juta,” tulis ANTV awali pengumuman tayangnya Jiran melalui akun Instagram @antv_official.

“Sultan Raja Muda menikahi Jiran dengan kontrak hanya 6 bulan, dan ia melakukan itu hanya untuk mendapatkan tahta Raja dan warisan dari ayahnya. […] Temukan jawabannya di Serial JIRAN yang akan tayang Mulai Besok, Senin 21 Juni 2021 Jam 08.00 WIB,” lanjut ANTV.

Baca juga:

Jiran merupakan sinetron yang pernah ditayangkan di Indosiar pada tahun 2009 silam. Pada masa penayangannya, Jiran jadi andalan Indosiar di jam tayang prime time selain sinetron Inayah. Menariknya, nasib dua sinetron itu pun terbilang mirip, yakni sama-sama menuai kontroversi.

Bila Inayah kala itu sering mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesa (KPI), Jiran sempat dikritik oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jiran yang tayang saat bulan Ramadan tahun 2009 dinilai tak memiliki nilai tuntunan, malah hadirkan kekerasan dan bangkitkan sentimen anti-Malaysia.

Sinetron Jiran Indosiar Tayang di ANTV
Sinetron Jiran Indosiar Tayang di ANTV (Instagram)

“Jiran juga penuh ucapan kasar, makian, dan bentakan. Seperti ucapan Sultan yang akan membubuh Mak Cik Noor bila menghalangi keinginan Sultan,” kata Said Baduari yang pada 2009 silam menjabat Kepala Bagian Informasi MUI, dikutip dari Kompas.com, Senin, 21 Juni 2021.

Seperti tersurat dalam caption pengumuman ANTV di Instagram, sinetron Jiran yang dibintangi Didi Riyadi, Titi Kamal, dan Lucky Hakim ini suguhkan cerita suami tega menjual istrinya sendiri. Istrinya dijual ke pangeran dari Malaysia yang sedang mencari istri.

Diceritakan Pendi (Lucky) dan Jiran (Titi) hidup miskin bersama anak mereka di kampung. Sementara ada seorang pangeran dari Malaysia bernama Sultan Raja Muda (Didi Riyadi) yang akan berikan mahar Rp100 juta untuk wanita yang mau dinikahi enam bulan saja.

Sultan Raja Muda ingin menikah demi memenuhi syarat agar dirinya bisa mewarisi tahta sekaligus kerajaan dari ayahnya. Pandi lalu punya ide gila untuk mengambil tawaran tersebut dengan cara menjual istrinya sendiri. Demi melunasi utang keluarga, Jiran menyanggupi.

Pernikahan kontrak itu sebenarnya tidak mendapat restu dari pihak kerajaan, tak pelak kehidupan Jihan bersama Sang Sultan malah semakin berat. Jiran bahkan juga sampai dimadu dengan Noor (Maeeva Amin), mantan tunangan Sultan Raja Muda yang kini jadi istri keduanya.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan