Tak Ada Izin, KPI Tegur Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana NET

Oleh: - 13 Juni 2020  |

Instagram

Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana
Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana (Youtube)

Program Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana yang tayang di NET mendapat teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Teguran tersebut diumumkan oleh KPI melalui situs website resmi mereka, kpi.go.id, Kamis, 11 Juni 2020.

Dalam keterangannya, Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana ditegur KPI lantaran Angga Praja Buana sang praktisi pengobatan yang tampil di acara tersebut diketahui tidak memiliki izin praktik kesehatan dari lembaga berwenang.

Mulyo Hadi Purnomo, Wakil Ketua KPI Pusat, mengatakan Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana telah melanggar Pasal 11 Ayat (3) Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI Tahun 2012.

Baca juga:

“Siaran tersebut telah melanggar Pasal 11 Ayat (3) bahwa program siaran yang berisi tentang kesehatan masyarakat dilarang menampilkan penyedia jasa pelayanan kesehatan masyarakat yang tidak memiliki izin dari lembaga yang berwenang,” katanya.

Lebih lanjut, Mulyo Hadi Purnomo menyebut hadirnya program-program pengobatan tanpa izin resmi seperti Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana sangat mengkhawatirkan. Terlebih lagi bila sampai ada kesalahan fatal dalam praktik pengobatannya.

Jalan Kesembuhan NET Ditegur KPI
Jalan Kesembuhan NET Ditegur KPI (kpi.go.id)

“Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, terlebih praktik tersebut disiarkan di ruang publik. Pengaruh dan dampaknya sangat luas. Jika terjadi kesalahan akan fatal, apalagi praktik tersebut tidak berizin,” lanjut Mulyo Hadi Purnomo.

Sebelum resmi memberikan teguran pada Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana, Komisi Penyiaran Indonesia telah melakukan koordinasi serta klarifikasi terhadap pihak-pihak terkait seperti NET dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sekadar diketahui, Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana adalah satu dari dua varian program Jalan Kesembuhan di NET. Satu varian lainnya hadirkan praktisi pengobatan Ningsih Tinampi dengan judul Jalan Kesembuhan: Ningsih Tinampi.

Pada saat awal-awal tayang sekira Oktober 2019 silam, Jalan Kesembuhan: Angga Praja Buana dihadirkan NET setiap Sabtu dan Minggu pukul 21.00 WIB. Sementara untuk versi Ningsih Tinampi tayang sejam setelahnya atau pukul 22.00 WIB.

Belakangan NET hadirkan Jalan Kesembuhan tidak hanya hari Sabtu-Minggu, namun setiap hari. Dugaan kami, program tersebut mendapat peringkat yang lumayan di tangga rating sehingga NET mengubah jadwal tayangnya menjadi setiap hari.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan