Tarif Iklan TV Rp120 Juta, Ikatan Cinta RCTI Cuan Triliunan?

Oleh: - 1 Maret 2021  |

Instagram

Sinetron "Raja Rating" Ikatan Cinta RCTI
Sinetron “Raja Rating” Ikatan Cinta RCTI (Youtube)

Dunia pertelevisian tanah air belakangan ini ramai pembahasan tentang tarif iklan, tepatnya setelah media Tabloidbintang.com mengunggah berita perhitungan pendapatan iklan sinetron “raja rating” fenomenal Ikatan Cinta RCTI yang nominalnya fantastis.

Pada berita berjudul Gokil! Pendapatan Iklan Ikatan Cinta Capai 1 Triliun, RCTI Tambah Tajir yang diterbitkan Kamis, 18 Pebruari 2021 itu, disebutkan Ikatan Cinta sudah kumpulkan pendapatkan iklan Rp1 triliun lebih sejak awal tayang pada Oktober 2020.

Tim Tabloidbintang.com lakukan perhitungan dengan sample episode 170 Ikatan Cinta yang tayang pada Rabu, 17 Februari 2021 silam. Pada episode sinetron berdurasi 90 menit tersebut, tercatat ada 81 iklan produk yang terbagi dalam tiga kali jeda iklan.

Baca juga:

Tak hanya itu, pada episode 170 itu juga didapati 9 iklan produk yang dikemas dalam format built-in atau yang disisipkan dalam adegan Ikatan Cinta, baik itu adegan yang nyambung dengan jalan cerita maupun yang sama sekali tidak berhubungan dengan plot.

Pendapatan Iklan Ikatan-Cinta 1 Triliun
Pendapatan Iklan Ikatan-Cinta 1 Triliun (Tabloidbintang.com)

“Total pendapatan iklan yang diraup RCTI dari episode 170 Ikatan Cinta mencapai 9 miliar rupiah. Apabila dikalikan 122 hari penayangan sejak tayang perdana 19 Oktober 2020 lalu akan didapat hasil 1 triliun 98 miliar rupiah. GOKIL!,” demikian tertulis di Tabloidbintang.com.

Angka Rp1 triliun lebih di atas dihitung dengan acuan tarif iklan slot tayang prime time RCTI awal 2020 yang sebasar Rp100 juta. Tarif iklan RCTI itu dan beberapa stasiun TV lain pernah dibocorkan General Manager Sales SCTV dan Indosiar Michael Tjandra di media sosial.

Dihiting dengan “tarif lama”, perhitungan pendapatan iklan sinetron Ikatan Cinta oleh Tabloidbintang.com itu bisa jadi lebih rendah dari “real-nya”. Dari penulusuran Popmagz.com di media sosial, lagi-lagi Michael berikan hint yang seperti mengamini dugaan kami ini.

Pada komentarnya di salah satu postingan terbaru akun Instagram @indotvtrends, Michael menyebut tarif iklan di slot tayang prime time SCTV dan Indosiar per Februari 2021 adalah Rp120 juta. Tarif tersebut naik Rp10 juta untuk SCTV dan Rp20 juta untuk Indosiar.

“Udah naik Min harganya,” tulis @miketjandra awali komentarnya di postingan @indotvtrends tentang tarif Iklan di beberapa stasiun televisi tanah air, Minggu, 28 Februari 2021. “@indotvtrends SCTV & IVM PT 120jt & Non PT 50-60jt,” lanjut @miketjandra.

Tarif Iklan SCTV dan Indosiar 120 Juta
Tarif Iklan SCTV dan Indosiar 120 Juta (Instagram)

Bila kita asumsikan RCTI alami kenaikan Rp10 juta atau sama dengan SCTV, maka per episode Ikatan Cinta bakal dapatkan pendapatan Rp9,9 rupiah. Sehingga bila pakai perhitungan yang sama, dari awal tayang sampai 17 Februari 2021 Ikatan Cinta cuan Rp1,2 triliun.

Angka di atas boleh jadi bisa lebih tinggi lagi bila kita asumsikan tarif iklan RCTI kini sama dengan SCTV dan Indosiar alias naik Rp20 juta. Terlepas mana angka yang paling benar, satu yang bisa dipastikan bahwa RCTI panen cuan besar-besaran lewat Ikatan Cinta.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan