Terlalu OP (Overpowered), Ikatan Cinta RCTI Kalahkan Dilan SCTV

Oleh: - 2 Januari 2021  |

Instagram

Sinetron Ikatan Cinta di RCTI
Sinetron Ikatan Cinta di RCTI (Youtube)

Terlalu OP (overpowered)! Ungkapan itu cocok untuk gambarkan performa rating sinetron “fenomenal” Ikatan Cinta yang tayang di RCTI. Belum lama pecahkan rekor Cinta Fitri, Ikatan Cinta di akhir tahun 2020 kemarin berhasil kalahkan film Dilan yang tayang di SCTV.

Seperti diketahui bersama, pada malam pergantian tahun 2021 kemarin, SCTV hadirkan rangkaian tiga film Dilan langsung di slot prime time-nya. SCTV pada malam itu sampai liburkan beberapa sinetron unggulan yang biasanya hadir di jam tayang prime time.

Langkah SCTV tersebut diduga kuat sebagai upaya untuk menjegal sinetron Ikatan Cinta di tangga rating. RCTI pun tak tinggal diam menghadapi strategi SCTV itu dengan menayangkan Ikatan Cinta dengan durasi tiga setengah jam di malam tahun baru.

Baca juga:

Bagaimana hasilnya? Berhasilkah trilogi film Dilan kalahkan atau setidaknya mendekati performa rating Ikatan Cinta? Jauh panggang dari api, niatan SCTV jegal Ikatan Cinta dengan film-film Dilan tidak berbuah manis lantaran Ikatan Cinta masih terlalu perkasa.

Film Dilan Gagal Kalahkan Ikatan Cinta
Film Dilan Gagal Kalahkan Ikatan Cinta (Instagram)

Mengutip data laporan rating yang diunggah oleh akun Instagram @sobattvind, Dilan 1990 catatkan TVR (rating) 1,9 dan TVS (share) 12,7. Lalu Dilan 1991 Extended Version meraih rating/share 2/9, diikuti Milea: Suara Dari Dilan yang peroleh TVR/TVS 1.6/8.2.

Angka TVR Dilan di kisaran 1,6 hingga 2 serta share 8,2 sampai 12,7 itu tertinggal sangat jauh dari capaian Ikatan Cinta pada hari yang sama. Ikatan Cinta di malam tahun baru bukukan angka rating 9,8 dan raihan share yang stabil tinggi seperti biasanya, 42,7.

Meski gagal kalahkan atau setidaknya mendekati performa Ikatan Cinta, strategi SCTV andalkan Dilan sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, setahun silam atau di malam pergantian tahun 2020 SCTV memetik buah manis di tangga rating lewat tayangan Dilan.

Kala itu, Dilan 1991 mendapatkan rating 5,7 dan share yang relatif tinggi, 24,3. Bahkan strategi tersebut berhasil jadikan SCTV sebagai pemuncak peringkat stasiun TV edisi 31 Desember 2019 dengan rataan audience share 17,4, diikuti Indosiar (17), dan RCTI (12,5).

Rating Film Dilan di SCTV 2019
Rating Film Dilan di SCTV 2019 (Facebook)

Namun begitu, kembali seperti di muka telah kami ungkapkan, Ikatan Cinta memang terlalu OP. Strategi hadirkan program apa pun untuk jegal Ikatan Cinta oleh stasiun TV lain tetap bakal sulit untuk sekedar mendekati pencapaian angka rating atau share-nya.

Lebih “mengerikan” lagi, Ikatan Cinta yang kini terlalu OP itu sebenarnya belum sampai puncak konflik ceritanya. Kasus pembunuhan Roy (Fiki Alman) yang bakal jadi turning point di plot cerita Ikatan Cinta belum ada tanda-tanda akan diangkat dalam waktu dekat.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan